Rabu , 26 July 2017, 21:44 WIB

1.066 Kura-Kura Semarakkan Ultah Raja Thailand

Red: Indira Rezkisari
EPA
Foto Raja Thailand  Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun dipajang di salah satu pusat perbelanjaan di Bangkok.
Foto Raja Thailand Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun dipajang di salah satu pusat perbelanjaan di Bangkok.

REPUBLIKA.CO.ID, CHONBURI -- Ratusan orang berkumpul di sebuah pantai di Thailand pada Rabu (26/7) untuk melepasliarkan 1.066 kura-kura ke laut. Aksi tersebut merupakan bagian dari perayaan menandai ulang tahun Raja baru Maha Vajiralongkorn pekan ini.

Ulang tahun Raja Vajiralongkorn pada 28 Juli diumumkan oleh pemerintah militer sebagai hari libur umum tahun ini. Perayaan tersebut diharapkan mencakup upacara perayaan di kuil Buddha di Thailand dan acara pemberian sedekah untuk lebih dari 600 biksu Buddha di sebuah lapangan umum di ibu kota, Bangkok, pada Jumat.

Di Pusat Konservasi Penyu Laut di Chonburi, sekitar 75 km tenggara Bangkok, pria dan wanita dari Angkatan Laut Kerajaan Thailand, pelajar dan selebriti Thailand melepasliarkan 1.066 kura-kura ke laut. Angka 1.066 dipilih untuk melambangkan nomor 10 untuk Raja Rama X, sebagaimana Raja Vajiralongkorn dikenal, dan nomor 66, satu lebih banyak dari usianya, untuk mengharapkan umur panjang raja.

"Acara utama hari ini adalah pelepasan kura-kura, yang juga melambangkan umur panjang," kata Athichanan Srisevok, aktris dan pegiat lingkungan Thailand. "Saya ingin mengucapkan semoga raja umur panjang dan agar dia sehat."

Beberapa peserta melambai-lambaikan bendera putih dengan tulisan "Long Live the King". Umat Buddha Thailand percaya bahwa melepaskan hewan piaraan adalah salah satu cara untuk mendapatkan karma yang baik.

Penyu yang dilepasliarkan pada Rabu dibesarkan dari telur yang dikumpulkan oleh angkatan laut dari pulau Koh Kram di dekatnya. Beberapa dari mereka yang dilepaskan telah berumur 1 minggu.

Vajiralongkorn mewarisi tahta pada Desember setelah kematian ayahnya yang dihormati, Raja Bhumibol Adulyadej, pada Oktober 2016. Pemerintahan mendiang raja tersebut berlangsung selama tujuh dasawarsa dan diselingi oleh pergolakan politik.

Vajiralongkorn pada 1 Desember 2016 atau 15 hari setelah kematian ayahnya meminta agar ia memperoleh waktu selama satu tahun untuk berkabung. Sekalipun pemerintahannya segera berjalan setelah kematian Bhumibol namun Vajiralongkorn akan secara resmi dilantik pada Oktober 2017.







Sumber : Antara