Ahad 10 Sep 2017 09:32 WIB

Pendiri Rumah Mode Saint Laurent Meninggal Dunia

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Indira Rezkisari
Poster yang dipasang di Grand Palais menunjukkan foto pendiri rumah mode Yves Saint Laurent dan mitranya Pierre Barge.
Foto: AP
Poster yang dipasang di Grand Palais menunjukkan foto pendiri rumah mode Yves Saint Laurent dan mitranya Pierre Barge.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Pengusaha Pierre Berge yang merupakan rekan bisnis dari Yves Saint Laurent meninggal dunia di kediamannya di Saint Rely de Provence, Perancis. Pria berusia 86 tahun ini sudah cukup lama menderita sakit yang cukup kompleks.

Dilansir BBC News, Ahad (10/9), Saint Laurent dan Berge bersama-sama membangun label Yves Saint pada 1961, yang kini telah menjadi merek mode tingkat dunia. Mantan Menteri Kebudayaan Perancis Jack Lang mengatakan, Berge adalah seorang pangeran sejati di bidang seni dan budaya.

Berge merupakan seseorang yang ambisius. Dia datang ke Paris setelah Perang Dunia II dan membangun rumah barunya diantara kawasan elit dan memiliki mode yang berkelas. Dia bertemu dengan perancang muda Yves Saint Laurent pada 1958, dan pertemuan ini telah mengubah hidupnya. Setelah bersama-sama membangun rumah mode, Berge memutuskan untuk menjalani bisnis sendiri pada 1976.

Meski Berge dan Saint Laurent tak lagi menjadi rekan bisnis, keduanya tetap menjalin pertemanan dengan sangat baik. Melesatnya penjualan rumah mode pada 1990an membuat Berge dan Saint Laurent menjadi sorotan dan masuk ke dalam daftar orang terkaya.

Pada 2008, Saint Laurent meninggal dunia karena kanker otak. Diketahui, Berge telah dijadwalkan untuk meresmikan dua museum yang didedikasikan untuk Yves Saint Laurent di Paris dan Marrakech pada musim gugur tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement