Jumat 27 Oct 2017 10:12 WIB

Rusia Bantah Berhubungan dengan Pembunuh John Kennedy

Rep: Marniati/ Red: Ani Nursalikah
Lee Harvey Oswald terdakwa dalam pembunuhan Presiden AS John F. Kennedy  pada 1963.
Foto: AP
Lee Harvey Oswald terdakwa dalam pembunuhan Presiden AS John F. Kennedy pada 1963.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Arsip Nasional Amerika Serikat merilis sebuah dokumen yang terkait dengan pembunuhan mantan presiden AS John F Kennedy pada 22 November 1963.

Dilansir dari The Independent, Jumat (27/10), salah satu dari beberapa teori konspirasi tentang pembunuh Kennedy adalah pelaku pembunuhan Lee Harvey Oswald berhubungan dengan dinas intelijen Soviet, atau diberi pelatihan oleh Soviet saat dia berkunjung ke Uni Soviet.

 

"Jika bahkan tuduhan tersembunyi liar dilemparkan ke Rusia, itu akan memalukan karena ini adalah informasi, dan bukan disinformasi yang diinginkan orang," ujar juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova.

 

Ia mengaku tidak dapat membayangkan bagaimana seseorang dapat mendistorsi topik ini sampai tingkat tertentu, meskipun tidak ada tuduhan resmi yang disuarakan secara terbuka oleh pemerintah AS atau otoritas kepolisian. Mayoritas catatan yang berkaitan dengan kasus ini sekitar 88 persen telah tersedia untuk umum sejak akhir 1990-an.

 

Diharapkan rilis terbaru ini akan berisi lebih banyak informasi tentang Oswald dan kehidupannya menjelang pembunuhan Kennedy di Dallas, Texas, termasuk sebuah perjalanan yang dia tempuh ke Meksiko pada September 1963.

CIA Sebut Sukarno dalam Dokumen Pembunuhan John F Kennedy

AS Ungkap Dokumen Rahasia Pembunuhan John F Kennedy

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement