Selasa 26 Dec 2017 16:49 WIB

Frigate Inggris Bayangi Kapal Perang Rusia di Laut Utara

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Budi Raharjo
Kapal Freigate Rusia, Admiral Gorshkov.
Foto: wikipedia.org
Kapal Freigate Rusia, Admiral Gorshkov.

REPUBLIKA.CO.ID, INGGRIS -- Angkatan Laut Kerajaan mengungkapkan sebuah kapal frigate Inggris membayangi sebuah kapal perang Rusia melewati Laut Utara di dekat perairan Inggris pada hari Natal. HMS St Albans memonitor gerakan kapal Admiral Gorshkov yang berada di area kepentingan nasional.

Dilansir dari BBC, sebuah media Rusia menyatakan Admiral Gorshkov yaitu sebuah kapal frigate peluru kendali ini masih dalam tahap uji coba. Angkatan Laut Kerajaan juga melaporkan akhir-akhir ini terjadi kenaikan kunjungan unit Rusia yang melewati perairan Inggris.

Inggris baru-baru ini memperingatkan akan adanya ancaman baru oleh Rusia terhadap kabel internet bawah laut. "HMS St Albans dikirim pada hari Sabtu untuk terus mengawasi kapal perang baru milik Rusia yaitu Admiral Gorshkov saat kapal tersebut melintasi perairan teritorial Inggris," ujar Angkatan Laut Kerajaan.

Frigate Inggris akan tetap berada di laut pada hari Senin dan memantau kapal Rusia tersebut dan akan kembali ke Portsmouth pada hari Selasa. "Saya tidak akan ragu dalam mempertahankan perairan kita atau menoleransi segala bentuk agresi. Inggris tidak akan pernah terintimidasi ketika harus melindungi negara kita, rakyat kita, dan kepentingan nasional kita," ujar Sekretaris Pertahanan Gavin Williamson.

Dalam aktivitas terakhir yang terjadi melibatkan dua angkatan laut. HMS Tyne sebuah kapal patroli juga diluncurkan untuk membayangi kapal pengumpulan intelijen Rusia saat kapal tersebut berlayar melewati Laut Utara dan Selat Inggris pada Ahad. Sementara helikopter Angkatan Laut melacak dua kapal Rusia lainnya.

Januari lalu sebuah kapal perang Inggris dan tiga pesawat tempur RAF mengawal pesawat terbang Rusia yang mengawal kapal induk Rusia Admiral Kuznetsov dan sejumlah kapal lainnya ke Selat Inggris.

Admiral Gorshkov adalah kapal pertama dari kelas baru multi-role blue-water frigat yang masih harus menyelesaikan tes rudal sebelum memulai layanannya dengan Angkatan Laut Rusia tahun depan. Kapal tersebut dilaporkan telah berlayar secara teratur antara Laut Putih di lepas pantai utara Rusia dan Baltik.

Laporan tentang intersepsi terbaru tidak menjelaskan ke arah mana kapal Rusia tersebut menuju. Kapal perang Rusia telah menggunakan perairan internasional Laut Utara dalam beberapa waktu terakhir untuk berlayar dari dan ke Laut Tengah untuk ditempatkan di Suriah.

Hubungan antara Inggris dan Rusia sendiri sedang mengalami ketegangan sejak aneksasi Moskow di semenanjung Krimea di Ukraina pada tahun 2014. Marsekal Sir Stuart Peach kepala staf pertahanan Inggris mengatakan awal bulan ini Inggris dan NATO harus memprioritaskan melindungi jalur komunikasi.

Kepala staf tersebut berkata bahwa dalam waktu segera dan memiliki potensi bencana bagi ekonomi jika jalur komunikasi tersebut dipotong dan terganggu. Kabel-kabel tersebut melintasi dasar laut dan menghubungkan negara dan benua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement