Rabu 17 May 2017 09:53 WIB

Sejarah Hari Ini: Mengenal Mekanisme Antikythera, Komputer Kuno dari Yunani

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Ani Nursalikah
Mekanisme antikythera dapat dikatakan sebagai komputer tertua di dunia. Mekanisme ini sudah berusia 115 tahun.
Foto:
Asap mengepul dalam kebakaran di penjara.

Sebuah kebakaran hebat melanda penjara Honduras yang penuh sesak pada hari ini 1994. Kebakaran ini menewaskan 103 orang. Kebakaran disebabkan oleh motor kulkas yang terlalu panas.

Penjara yang terletak di San Pedro Sula, Tegucigalpa, 100 mil sebelah utara ibu kota Honduras, sebagian besar dikhususkan untuk anggota geng yang ditangkap karena tindak kekerasan. Penekanan baru untuk memenjarakan anggota geng membuat penjara itu dipenuhi 2.000 narapidana. Padahal daya tampungnya hanya 800.

Kebakaran itu terjadi di blok sel yang menampung 186 tahanan dari geng Mara Salvatrucha atau MS-13. Api berasal dari salah satu lemari es kecil pada pukul 01.30 waktu setempat. "Semuanya terjadi dengan cepat. Kami terbangun saat pakaian dan tempat tidur kami sudah terbakar," kata seorang napi Jose Lopez.

Menurut dia, pengawal menembakkan senapan ke udara untuk mencegah para tahanan menyerang petugas pemadam kebakaran dan melarikan diri. Para napi mengklaim penjaga mencegah para tahanan melarikan diri dari api.

Pada tahun sebelumnya di penjara ini terjadi tawuran antargeng yang menyebabkan hampir 70 orang tewas.

Selanjutnya: Pertama Kalinya Pernikahan Sesama Jenis Dilegalkan di AS

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement