Rabu 17 May 2017 09:53 WIB

Sejarah Hari Ini: Mengenal Mekanisme Antikythera, Komputer Kuno dari Yunani

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Ani Nursalikah
Mekanisme antikythera dapat dikatakan sebagai komputer tertua di dunia. Mekanisme ini sudah berusia 115 tahun.
Foto:
Seorang pendukung kaum gay dan legalisasi pernikahan sesama jenis di Seattle, Amerika Serikat.

Pada hari ini di 2004, Marcia Kadish (56 tahun) dan Tanya McCloskey dari Malden, Massachusetts menikah di Cambridge City Hall di Massachusetts. Mereka adalah pasangan sesama jenis pertama yang dilegalkan menikah di Amerika Serikat.

Pada hari itu juga terdapat 77 pasangan  sesama jenis mengikat hubungan dengan pernikahan di seluruh negara bagian. Dan ratusan lainnya mengajukan permohonan untuk lisensi pernikahan. Hari itu menjadi tanda perayaan bagi pasangan sesama jenis dengan protes yang tidak signifikan.

Sebelumnya, pada 18 November 2003 Mahkamah Agung Massachusetts menemukan larangan pernikahan sejenis tidak konstitusional. MA memutuskan negara tidak bisa menyangkal perlindungan, manfaat, dan kewajiban yang diberikan oleh pernikahan sipil kepada dua individu sejenis yang ingin menikah.

Keputusan tersebut juga mencantumkan larangan konstitusi negara menciptakan warga kelas dua. Pengadilan kemudian memberi negara waktu 180 hari untuk mengubah undang-undang tersebut. Upaya oleh beberapa legislator yang ingin mengajukan amandemen undang-undang yang melarang pernikahan sesama jenis namun mengakui serikat sipil dikalahkan

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement