Senin , 17 July 2017, 13:20 WIB

Sejarah Hari Ini: Afrika Boikot Olimpiade

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
travelandfineliving
Logo Olimpiade
Disneyland di Kalifornia, AS.

Disneyland Pertama Kali Dibuka

Disneyland, kota fantasi Walt Disney, resmi dibuka pada 17 Juli 1955. Taman tematik senilai 17 juta dolar AS ini dibangun di atas tanah bekas kebun jeruk seluas 160 hektar di Anaheim, California. Saat ini, Disneyland dikunjungi lebih dari 14 juta pengunjung per tahun, dengan meraup keuntungan hampir 3 miliar dolar AS.

Walt Disney, yang lahir di Chicago pada 1901, bekerja sebagai seniman komersial sebelum mendirikan studio kecil di Los Angeles untuk memproduksi kartun animasi. Pada 1928, film pendeknya yang berjudul Steamboat Willy dan dibintangi karakter Mickey Mouse, langsung menjadi terkenal.

Film ini adalah film animasi pertama yang menggunakan suara dan Disney sendiri yang mengisi suara untuk Mickey. Sejak saat itu, kartun Disney mendapat banyak permintaan, namun studio filmnya terus berjuang secara finansial karena banyaknya desakan untuk meningkatkan kualitas artistik dan teknis.

Kartun berdurasi panjang pertamanya adalah Putri Salju dan Tujuh Kurcaci (1938). Kartun ini membutuhkan waktu tiga tahun untuk bisa diselesaikan dan menjadi film komersil yang sangat sukses.

Film Putri Salju kemudian diikuti oleh kartun-kartun klasik lainnya, seperti Pinocchio (1940), Dumbo (1941), dan Bambi (1942). Film Fantasia (1940), yang menggabungkan segmen animasi dengan potongan musik klasik, menjadi pencapaian artistik dan teknis luar biasa Disney.

Sedangkan dalam film Song of the South (1946), Disney menggabungkan aktor live dengan tokoh animasi. Dimulai dari film Treasure Island pada 1950, studio film tersebut menambahkan film live-action ke repertoire-nya.

Disney juga merupakan salah satu studio film pertama yang memproduksi film secara langsung untuk televisi. Serial Zorro dan Davy Crockett menjadi salah satu serial yang sangat populer di kalangan anak-anak.

Pada awal 1950-an, Walt Disney mulai merancang sebuah taman hiburan besar yang akan dibangun di dekat Los Angeles. Dia bermaksud untuk membangun Disneyland yang memiliki nilai pendidikan dan hiburan bagi orang dewasa dan anak-anak.

Ia membeli tanah dari komunitas petani Anaheim, sekitar 25 mil di tenggara Los Angeles, dan memulai konstruksi pada 1954. Pada musim panas 1955, undangan khusus dikirim untuk pembukaan Disneyland pada 17 Juli.

Dilansir dari History, Walt Disney meninggal dunia pada 1966 dan Walt Disney World dibuka untuk menghormatinya pada 1 Oktober 1971. Epcot Center, Disney-MGM Studios, dan Animal Kingdom kemudian bergabung dengan Walt Disney World, dan tetap menjadi objek wisata utama di Florida.

Selanjutnya: Bom Meledak di Menara London

Berita Terkait