Ahad 21 Sep 2014 18:42 WIB

Takut ISIS, 45 Ribu Warga Suriah Mengungsi ke Turki

Rep: c91/ Red: Joko Sadewo
Milisi ISIS
Foto: Reuters
Milisi ISIS

REPUBLIKA.CO.ID, TURKI -- Sekitar 45.000 orang Kurdi asal Suriah membanjiri Turki, demi menyelamatkan diri dari kelompok ISIS yang menguasai daerah tempat tinggal mereka. Mereka datang ke Turki, setelah perbatasan negara itu dibuka pada Jumat lalu, (19/9).

“Hingga kini 45.000 orang Kurdi Suriah telah menyeberangi perbatasan dan memasuki wilayah Turki dari delapan pintu masuk,” kata Wakil Perdana Menteri, Numan Kurtulmus seperti dikutip dari Hurriyet, Ahad (21/9).

Menurutnya, Tak ada negara di dunia yang bisa menampung 45.000 pengungsi dalam satu malam, lalu membawa mereka dengan selamat dan mencarikan mereka tempat berteduh tanpa ada masalah. Kulturmus menganggap, ini bukti kekuatan Turki,

Beberapa orang Kurdi Suriah telah memadati perbatasan Turki-Suriah sejak Kamis lalu. Seiring dengan didudukinya desa-desa mereka oleh kelompok ISIS yang berusaha menguasai kota Ain Al-Arab yang dikenal orang Kurdi sebagai Kobane.

Turki membuka pintu perbatasannya pada hari Jumat setelah pertempuran di Kobane menyebabkan eksodus penduduknya. Pemerintah Ankara, yang telah menampung sekitar 1,5 juta pengungsi dari konflik Suriah, sebelumnya telah menolak untuk menerima lebih banyak pengungsi karena khawatir kewalahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement