Kamis 01 Jan 2015 11:17 WIB

Roket Nyasar, 15 Orang Terbunuh Saat Pesta Pernikahan

Rep: c01/ Red: Esthi Maharani
Patroli kendaraan tempur di Afganistan.
Foto: Reuters
Patroli kendaraan tempur di Afganistan.

REPUBLIKA.CO.ID, AFGHANISTAN - Roket yang salah sasaran menghantam sebuah pesta pernikahan di Afghanistan. Ada setidaknya 15 orang yang terbunuh dalam insiden roket //nyasar// ini.

Selain menewaskan 15 orang, serangan roket yang salah sasaran ini juga melukai 40 orang lainnya. Korban dari insiden ini juga meliputi wanita dan anak-anak. 

Roket ini jatuh di sebuah rumah yang dijadikan sebagai tempat diselenggarakannya pesta pernikahan. Lokasi rumah tersebut berada di bagian selatan provinsi Helmand.

Pemilik rumah menyatakan para tamu termasuk sembilan anaknya sedang berkumpul di luar rumah untuk menyambut mempelai wanita saat insiden berlangsung. Para korban luka segera dilarikan ke rumah sakit di Lashkar Gah, ibu kota provinsi. 

Insiden itu sendiri terjadi pada Rabu (31/12), ketika pertempuran pasukan Afghanistan dan militan Taliban sedang berlangsung sengit. Hari itu juga merupakan hari terakhir misi pertempuran Amerika Serikat dan Nato di Afghanistan dilaksanakan. Terhitung sejak 1 Januari, misi mereka akan lebih berfokus pada misi pelatihan dan dukungan untuk tentara Afghanistan.

Meski waktu berlalu cukup lama, Taliban kini masih tetap aktif dan semakin bertambah kuat. Dalam beberapa bulan terakhir ini, Taliban juga telah melakukan beberapa serangan. Era 2014 merupakan tahun terparah yang dialami Afghanistan terkait Taliban. Setidaknya 4.600 pasukan keamanan Afghanistan tewas dalam aksi perlawanan terhadap Taliban. Selain itu, hampir 3.500 tentara asing juga terbunuh sejakmisi Nato dimulai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement