Ahad 26 Mar 2017 10:39 WIB

Masalah Suriah, Palestina dan Terorisme Jadi Sorotan KTT Liga Arab

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Teguh Firmansyah
KTT Tingkat Menlu Liga Arab.
Foto: AP/Hassan Ammar
KTT Tingkat Menlu Liga Arab.

REPUBLIKA.CO.ID, YORDANIA -- Krisis Suriah, masalah Palestina dan gangguan Iran dinilai akan jadi isu utama KTT Liga Arab pekan ini. KTT Liga Arab akan dihadiri  Raja Salman, pemimpin Arab, Sekjen PBB Atonio GUiterres serta pejabat PBB lainnya.

Menteri Penerangan Yordania Mohammed Momani mengatakan, Utusan PBB untuk Suriah Staffan de Mistura, akan menghadiri pertemuan para menteri luar negeri Arab, Selasa (28/3) esok. Pertempuan melanjutkan pembicaraan Jenewa antara rezim Suriah dan oposisi.

KTT Liga Arab juga akan menjadi tuan rumah pertemuan perwakilan Rusia, AS dan Perancis, dengan pejabat negara-negara Arab. Secara khusus pertemuan itu akan membahas persoalan terorisme, dan upaya dari negara-negara Arab menghadapinya.

"Tanggapan kita terhadap terorisme harus seirama, kita harus menghadapinya tidak cuma dengan militer, tapi ideologi dan menyajikan citta Islam yang benar, toleran dan mdoerat," kata Momani seperti dilansir Arab News, Ahad (26/3).

KTT diharapkan dapat membahas masalah mendesak, termasuk soal Palestina, krisis Suriah dan keterlibatan Iran di utusan Arab. Presiden Jordan Press Association, Tareq Momani, menilai KTT ini penting karena dihelat di tengah kondisi Arab saat ini.

"Persatuan Arab adalah masalah yang sangat penting yang akan dibahas dalam pertemuan itu, subyek yang serius akan berada di meja diskusi, termasuk Palstina, Iran dan Suriah dan dampaknya kepada negara-negara tetangga," ujar Tareq.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement