Kamis 06 May 2010 07:22 WIB

AS Jadwalkan Perundingan Resmi Timur Tengah Dimulai Pekan Ini

WASHINGTON--Amerika Serikat, Selasa, menjadwalkan Palestina dan Israel memulai perundingan perdamaian tidak langsung secara resmi pekan ini, yang sebelumnya tertunda pada Maret. "Kami harap dan jadwalkan untuk secara resmi bergerak maju dan melakukan perundingan pekan ini," kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri Philip Crowley.

Utusan Amerika Serikat George Mitchell, yang kembali ke Timur Tengah, akan bertemu dengan para pemimpin Israel pada Rabu dan Kamis lalu kemudian bertemu dengan Presiden Palestina Mahmud Abbas dan Perdana Menteri Salam Fayyad pada Jumat dan Sabtu, kata Crowley. Kedutaan Besar AS di Israel mengatakan sebelumnya bahwa Mitchell, Rabu, akan bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, kemudian Abbas pada Jumat di Tepi Barat.

"Kami akan melakukan pertemuan dalam empat hari mendatang, dan kemudian kami akan menjelaskan apa yang mereka capai," kata Crowley ketika ditanya apakah pertemuan itu akan sama dengan perundingan tidak langsung.

Perundingan tidak langsung diusulkan oleh Mitchell dalam upaya untuk menghidupkan kembali perundingan perdamaian yang dibekukan ketika Israel melakukan serangan berdarah terhadap Hamas di Jalur Gaza pada Desember 2008. Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton mengatakan pada 30 April bahwa dia berharap perundingan tidak langsung kembali dilakukan pekan ini.

Pada Maret, Washington mengumumkan bahwa kedua belah pihak telah memulai perundingan tidak langsung sebelum dihentikan segera kerika pemerintah sayap kanan Netanyahu mengumumkan rencana pembangunan 1.600 rumah baru bagi pemukim Yahudi di Yerusalem timur. Palestina ingin Yerusalem timur sebagai ibukota negaranya di masa depan.

sumber : ant/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement