Rabu 02 Jun 2010 02:12 WIB

Israel Umumkan Tahan 480 Aktivis Pro-Palestina

Pasukan Israel merangsek masuk ke kapal Mavi Markara
Foto: Reuters
Pasukan Israel merangsek masuk ke kapal Mavi Markara

REPUBLIKA.CO.ID, JERUSALEM --Israel mengatakan telah menahan sebanyak 480 aktivis pro-Palestina yang ditangkap pasca-penyerangan kapal membawa bantuan kemanusiaan menuju Gaza, demikian radio penyiaran publik Israel memberitakan. Dalam waktu dekat, mereka akan mengekstradisi 48 orang di antaranya.

Mereka ditahan ditahan di penjara Asdod di Israel selatan, sementara 48 lainnya dibawa ke bandara internasional Ben Gurion untuk dikirim kembali ke negara asal mereka, kata laporan itu.

Para pejabat Israel akan menginterogasi para tahanan itu sebelum memutuskan apakah akan membebaskan atau menghukum mereka. Sementara 45 aktivis lainnya, sebagian besar dari mereka berkewarganegaraan Turki, dirawat di berbagai rumah sakit.

Setidaknya sembilan orang tewas -- angka lain menyebut 19 orang -- selama operasi Israel untuk menguasai perahu, sebagian besar dari mereka diyakini warga negara Turki. Komando Angkatan Laut Israel menyerbu perahu bantuan itu  pada hari Senin dalam serangan menjelang fajar yang telah memicu kemarahan global.

Namun Angkatan Pertahanan Israel menyalahkan aktivis di kapal sebagai "telah menciptakan konfrontasi dengan menyerang tentara saat mereka naik ke kapal."

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement