Rabu 09 Jun 2010 05:44 WIB

Kaus "Yes We Kan" Warnai Tokyo

Naoto Kan
Foto: AP
Naoto Kan

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO --Ini dia tren fashion terbaru di Tokyo,  kaus bertulis "Yes We Kan". Kaus yang dijual secara online dan off line ini menandai hari pertama Naoto Kan, perdana menteri Jepang yang baru, berkantor setelah dilantik menggantikan Yukio Hatoyama.

Sementara PM Kan sedang dilantik oleh Kaisar Jepang Akihito, ClubT, pengecer Jepang, mengatakan telah menjual lebih dari 100 T-shirt online dalam satu jam pertama setelah diluncurkan. Tulisan dalam kaus itu merupakan plesetan dari slogan Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang fenomenal, "Yes We Can".

Kaus ini sedikit lebih manusiawi dari kaus-kaus yang dibuat saat Hatoyama berkuasa, yang kerap dijuluki The Alien. Bahkan ClubT pernah mencetak T-shirt yang berbunyi 'Self-professed loopy Hatoyama' alias Hatoyama mengaku dirinya gila. "Ketika Hatoyama masih menjabat, kaus itu tidak laku. Justru pembelian meningkat saat dia lengser," ujar eksekutif perusahaan Tomohiro Miyake.  Hal ini terilhami oleh seorang kolumnis Washington Post pada bulan April menyebut Hatoyama malang dan 'semakin gila' atas komentar kontradiktif dalam suatu sengketa pangkalan udara AS yang membuat tegang hubungan Jepang dengan Washington dan akhirnya menyebabkan dia mengundurkan diri. Hatoyama kemudian mengakui di parlemen dia memang dapat digambarkan sebagai gila.

Menurutnya, lakunya kaus versi Naoto Kan pada awal pelantikan menjadi pertanda dia didukung rakyatnya. "Keduanya mempunyai popularitas yang berbeda," ujarnya. Masa iya?

sumber : The Straits Times
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement