Selasa 06 Jul 2010 23:29 WIB

Wuih, Pria Iran Kini Boleh Tampil Trendi

Inilah contoh gaya rambut terbaru bagi pria Iran
Foto: Telegraph
Inilah contoh gaya rambut terbaru bagi pria Iran

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN--Gambaran pria Iran yang lusuh dengan cambang dibiarkan tak terawat pupus sudah. Baru-baru ini, pemerintah Iran mengeluarkan pedoman baru gaya rambut pria bagi aparat kepolisian. Mereka boleh memilih akan bergaya bak Tom Cruise, Matt Dammon, atau bahkan Wayne Rooney, meski secara tersurat berpenampilan ala Barat dilarang di negeri ini..

Mereka dibebaskan memilih potongan rambut, asal sesuai katalog potongan rambut yang memenuhi persetujuan pemerintah. Katalog itu disusun oleh Kementerian Kebudayaan Iran, untuk menghasilkan penampilan "yang bukan Barat dan sesuai budaya Iran".

Sebagian besar model dicukur bersih meskipun ada fitur satu gambar seorang pria dengan janggut atau jenggot, yang sebelumnya dikecam oleh ulama konservatif Iran. Menggunakan gel rambut juga dibenarkan dalam katalog yang baru, meskipun dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Daftar itu mengharamkan gaya rambut "rapi di depan tetapi berekor di belakang". Sementara, gaya rambut seperti juru American Idol, Simon Cowell, justru dianjurkan. Foto-foto katalog potongan rambut yang dianjurkan itu bakal di tempel di tukang-tukang cukur seantero Iran.

"Gaya yang diusulkan terinspirasi oleh kekompleksan Iran, budaya dan agama, serta hukum Islam," kata Jaleh Khodayar, yang memimpin Modesty and Veil Festival akhir bulan ini di mana panduan ini akan dipromosikan. "Kami sangat senang bahwa pemerintah Republik Islam Iran telah mendukung kami dalam merancang gaya rambut ini."

Beberapa toko tukang cukur dilaporkan telah ditutup dan dihukum dalam beberapa tahun terakhir karena menawarkan potong rambut gaya Barat. Polisi Iran melakukan pemeriksaan rutin moralitas, menangkap perempuan dengan mantel pendek dan penutup kepala tipis, serta pakaian olahraga  ketat, atau mengenakan celana jins bermuda. Hal ini dilihat dengan kecurigaan sebagai simbol dekadensi Barat.

Ulama konservatif telah menyerukan tindakan tegas terhadap salon-salon yang ada dan mengkritik Presiden Mahmoud Ahmadinejad bulan lalu untuk mengekspresikan oposisi terhadap tindakan keras polisi pada pakaian tidak sopan. Katalog model rambut ini diharapkan bisa meminimalisasi hal itu.

sumber : Telegraph
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement