Jumat 23 Jul 2010 13:29 WIB

Chaves Siap Putus Hubungan Diplomatik dengan Kolombia

Rep: c26/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,VENEZUELA–Presiden Venezuela, Hugo Chavez mengatakan bahwa negaranya akan memutuskan hubungan diplomatik dengan Kolombia karena mengaku bahwa dia menyembunyikan militan. "Kami tidak punya pilihan lain selain benar-benar memecahkan hubungan dengan saudara bangsa kita, Kolombia," katanya di TV, seperti diberitakan BBC, Kamis (22/7)

Bogota mengatakan adanya bukti bahwa Venezuela menyediakan surga bagi gerilyawan - Caracas menyangkal tuduhan. Menurut Chavez, Amerika menggunakan Kolombia untuk merusak upaya menciptakan persatuan di negaranya.

Sebelumnya, Kolombia memanggil duta besarnya dan secara resmi mengeluh kepada Organisasi Negara-negara Amerika (OAS) tentang dugaan adanya kamp pemberontak. Dia menyampaikan foto dan peta yang, katanya, merupakan bukti bahwa sekitar 1.500 pemberontak Kolombia berlindung di kamp-kamp di Venezuela.

Isu mengenai apakah Venezuela memiliki pemberontak di wilayahnya telah menjadikan kedua negara Amerika Selatan itu keras kepala selama delapan tahun terakhir.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement