Kamis 12 Aug 2010 04:53 WIB

Ini Dia Perbandingan Royal Mecca dan Big Ben

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Jam raksasa Royal Mecca
Jam raksasa Royal Mecca

REPUBLIKA.CO.ID,  LONDON--Fenomena menara jam raksasa di Makkah cukup mengejutkan. Pembangunan menara jam yang bakal menenggelamkan rekor menara jam Big Ben di Inggris dimaksudkan untuk mempercantik penampilan kota suci. Lantas, apa yang membedakan menara Jam Makkah dengan Big Ben. Berikut perbandingan yang dirilis harian Telegraph versi online, Rabu (11/8).

Tinggi Menara

A. St Stephen's Tower               :   315.9 kaki (96.29 meter)

B. Royal Mecca Clock Tower      : 1,970 kaki (600,46 meter)

Diameter jam      

A. Big Ben           :    23   kaki (7,01 meter)

B. Royal Mecca    :   151   kaki (46.02 meter)

 

 

Prasasti       

A. Big Ben         : "Domine Salvam Fac Reginam Nostram Victoriam Primam" (Lord, keep safe our Queen Victoria I) atau  (Tuhan, Lindungilah Keselamatan Ratu Victoria I)

B. Royal Mecca  : "In the name of Allah" atau "Dengan Menyebut Nama Allah"

Iluminasi/ (Penerangan)

A. Big Ben         : Awalnya lampu gas, kini setiap sisi jam diterang 28 lampu.  

B. Royal Mecca  : 2 Juta lampu LED pada tampilan jam, 21.00 lampu putih dan hijau di atas arloji yang mampu memberi tanda shalat berupa flash (kilatan) cahaya.

Klaim lain

Big Ben  :  Hingga kini, Big Ben masih diakui sebagai menara jam tertinggi di dunia. Sayangya, tradisi bunyi lonceng Big Ben tak dilakukan kecuali ketika memasuki awal tahun baru.

Royal Mecca : Bakal menjadi menara tertinggi kedua di dunia setelah Burj al Khalifa di Dubai. Nantinya, Royal Mecca akan menjadi pusat perbelanjaan raksasa dengan lebih dari 2.000 kamar hotel, dua helipad, dan masjid yang mampu menampung 30.000 orang. Hotel yang berada di menara itu juga memiliki 800 kamar. Kompleks ini dibangun oleh Bin Laden Group, konstruksi terbesar Arab Saudi perusahaan yang dimiliki oleh keluarga dari gembong teroris dengan menggunakan rancangan perusahaan asal Jerman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement