Rabu 25 Aug 2010 22:02 WIB

New York Kewalahan Hadapi Serangan Kepinding

Rep: Antara/ Red: Budi Raharjo
New York
New York

REPUBLIKA.CO.ID,NEW YORK--Kota New York sedang kewalahan menghadapi serangan ' makhluk asing'. Setelah 60 tahun, makhluk itu akhirnya kembali ke New York dan beberapa kota lain di Amerika Serikat sehingga membuat resah warganya.

New York kini dibuat repot menghadapi invasi kepinding. Bahkan serangan yang terjadi di kota itu jauh lebih parah dibandingkan serangan serupa di Philadelphia, Detroit, Cincinnati, dan Chicago. Demikian catatan perusahaan pembasmi serangga Terminix, yang mengumpulkan daftar tersebut berdasarkan volume telepon ke kantornya di seluruh negeri itu sepanjang tahun ini.

''Pada waktu lalu, semua kantor mungkin menerima dua telepon untuk meminta pemusnahan kepinding,'' kata juru bicara Terminix, Clint Bricoe. ''Sekarang, sebagian kantor kami menerima beberapa puluh telepon per pekan,'' tambahnya seperti dikutip Reuters Life!

Perusahaan itu menduga perjalanan internasional sebagai penyebab kembalinya kepinding setelah 60 tahun hewan penghisap darah tersebut dinyatakan telah dimusnahkan dari daratan Amerika Serikat. Tapi, sekarang, hewan itu telah kembali lagi hingga ke kota-kota kecil. Kepinding hidup seperti di furnitur, pakaian, dan tas. ''Berbagai kota seperti Dayton dan Louisville menghadapi masalah kepinding. Itu bukti bahwa kepinding kembali dan dapat muncul di mana saja,'' kata Paul Curtis, ahli entomologi perusahaan itu.

Briscoe mengatakan, selama tiga tahun terakhir, bisnis komersial perusahaan tersebut dalam penanganan kepinding telah meningkat lebih dari dua kali lipat. Sementara telepon dari rumah tangga lebih tinggi lagi.

Anggota Dewan Kota New York, Christine Quinn, mengakui bahwa Big Apple telah menghadapi serbuan kuat hewan penghisap darah itu setelah kota tersebut mengumumkan akan mengeluarkan 500.000 dolar AS guna meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai hama itu. Kepinding memang tak membawa penyakit tapi sulit dimusnahkan.

Mantan presiden AS Bill Clinton telah memerangi penyebaran hewan tersebut di kantornya di Harlem, bersama dengan gerai pakaian Victoria`s Secret, toko pakaian remaja Hollister dan sejumlah hotel yang telah kehilangan penghasilan dalam jumlah ribuan dolar AS guna memerangi kepinding. Terminix menyatakan serangga itu cenderung menumpang dari satu tempat ke tempat lain. Binatang tersebut sangat suka pada hotel, pesawat, dan kapal pelayaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement