Selasa 07 Dec 2010 02:54 WIB

Aquino, Pejabat Paling Populer Di Filipina

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA--Presiden Filipina Benigno S. Aquino III tetap menjadi pejabat pemerintah yang paling populer di kalangan atas Filipina, dengan mencatat 79 persen atas penilaian kinerja. Penilaian itu menurut hasil survei terbaru jajak pendapat independen Pulse Asia.

Wakil Presiden, Jejomar Binay, mendapat penilaian kinerja tertinggi kedua 78 persen. Peringkat berikut ditempati oleh Ketua Senat Juan Ponce Enrile dengan dukungan 61 persen.

Ketua DPR Filipina, Feliciano Belmonte Jr mengumpulkan persentase hampir sama dari rakyat Filipina yang menyatakan setuju(45 persen) dan yang meragukan (43 persen). Ketua Mahkamah Agung Renato Corona, di sisi lain, memperoleh 35 persen peringkat persetujuan. Tapi dia juga mencatat 18 persen ketidaksetujuan publik atas kinerjanya.

Survei tersebut juga menunjukkan bahwa empat anggota kabinet dan pejabat publik menikmati persetujuan peringkat tinggi, yakni Menteri Kesejahteraan Sosial dan Pembangunan Corazon Soliman (65 persen), Menteri Kehakiman Leila de Lima (60 persen), Wali kota Manila Alfredo Lim (55 persen) dan Menteri Kesehatan Enrique Ona (52 persen).

Pejabat lainnya memperoleh peringkat persetujuan Menteri Pendidikan Armin Luistro (49 persen), Menteri Tenaga Kerja Rosalinda Baldoz (41 persen), Juru Bicara Kepresidenan Edwin Lacierda (41 persen), Menteri Dalam Negeri dan Wakil Pemerintah Daerah Rico Puno (40 persen), dan Kepala Staf Angkatan Bersenjata Letjen Ricardo David (42 persen). Survei ini dilakukan pada 20-29 Oktober 2010 mencakup 1.200 responden.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement