Rabu 29 Dec 2010 05:01 WIB

Menlu Cina Melawat ke As Pekan Depan

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING--Dalam upaya mengikis pertikaian perdagangan dan ketegangan di semenanjung Korea, Cina akan bertamu ke Amerika Serikat ekan depan. Menteri luar negari Cina, Yang Jiechi, dijadwalkan berkunjung pada 3 hingga 7 Januari mendatang sekaligus mempersiapkan lawatan Presiden Hu Jintao.

Menlu Yang diagendakan "melakukan tukar pandangan mengenai hubungan bilateral dan masalah-masalah yang menjadi kepentingan bersama" dengan Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton," kata juru bicara kementerian luar negeri Cina, Jiang Yu.

Sementara kunjungan kenegaraan Hu ke Washington akan dilakukan pada 19 Februari. Hu akan mengadakan pembicaraan mendalam dengan Presiden AS Barack Obama di tengh ketegangan ekonomi antara Washington dan Beijing. Keduanya sama-sama prihatin terhadap situasi di semenanjung Korea.

AS telah menyerukan China untuk untuk menaikkan nilai tukar mata uangnya segera. AS menuduh nilai tukar yang diberlakukan sekarang tidak semestinya dan menciptakan keuntungan perdagangan yang tidak adil.

Kedua belah pihak juga terkunci dalam perselisihan beberapa perdagangan. Tetapi mereka mencoba untuk menemukan titik temu pada isu-isu seperti Korea Utara.

sumber : Ant/Afp/xinhua-oana
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement