Jumat 11 Feb 2011 07:33 WIB

Mesir Bergolak, Ganyang Mubarak, Pergi, Pergi!

Demonstran di Tahrir Square kecewa dengan penolakan mundur dari Mubarak
Foto: CNN
Demonstran di Tahrir Square kecewa dengan penolakan mundur dari Mubarak

REPUBLIKA.CO.ID,Presiden Mesir Hosni Mubarak dalam pidato televisi, mengatakan bahwa dia tidak berencana untuk mengundurkan diri. Pernyataan ini sontak membangkitkan kemarahan demonstran pro-demokrasi, yang telah mendesak pengunduran diri Mubarak selama berhari-hari.

Mubarak menyatakan bahwa dia tidak akan pernah meninggalkan Mesir dalam menghadapi 17 hari protes publik. Statemen ini menimbulkan ledakan kemarahan para pengunjuk rasa di Bundaran Tahrir, Kairo, yang sebelum pidato telah menciptakan adegan dramatis sorak kegirangan, karena mereka berharap Mubarak untuk menyatakan pengunduran dirinya. Demikian dilaporkan koresponden Press TV.

Dalam pidatonya itu, Mubarak kembali menegaskan bahwa ia tidak akan mencalonkan diri dalam pemilu September mendatang. Sebagian wewenang juga akan diserahkan kepada Wakil Presiden Omar Suleiman.

Lebih lanjut, ia mengakui bahwa pemerintahnya telah membuat kesalahan dan menyatakan kesedihan bagi mereka yang tewas dalam demonstrasi.

Para pengunjuk rasa melepaskan sepatu mereka dan mengacungkannya ke arah layar lebar yang disiapkan untuk pidato Mubarak. Mereka berteriak "Ganyang Mubarak, pergi, pergi!"

Sebagian demonstran langsung menyerukan pemogokan massal dan meminta tentara untuk mendukung bangsa Mesir, bukan rezim Mubarak yang ilegal. "Militer Mesir!, tentukan pilihan kalian sekarang, rezim atau rakyat," teriak mereka.

sumber : irib/rm/Press TV

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement