Jumat 11 Feb 2011 16:07 WIB

Militer Mesir Akan Pidato...Umumkan Kudeta?

Kendaraan tempur militer mesir buatan Amerika
Foto: dw world
Kendaraan tempur militer mesir buatan Amerika

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO - Dewan Komando Tertinggi Militer Mesir bertemu Jumat dan akan membuat "pernyataan penting pada rakyat", kantor berita negara MENA melaporkan."Dewan Tertinggi Pasukan Bersenjata, yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan Hussein Tantawi, telah mengadakan pertemuan penting pagi ini. Dewan akan mengeluarkan pernyataan penting pada rakyat," kata MENA.

Sebelumnya, seorang perwira senior militer dengan hubungan dengan Dewan Tertinggi itu mengatakan pada AFP, para jendral itu terus bertemu dalam "sidang permanen" dan diperkirakan akan membuat pernyataan, Jumat.

Di tengah demonstrasi massa di jalanan terhadap pemerintahan Presiden Hosni Mubarak, beberapa jendral penting Mesir telah mengumumkan pada Kamis bahwa "untuk mendukung permintaan sah rakyat" mereka akan "melakukan langkah-langkah untuk melindungi negara".

Beberapa pihak menginterpretasikan "komunike nomer satu" itu sebagai ancaman untuk melakukan kudeta, tapi Mubarak sendiri telah tampil di televisi negara pada malam hari itu untuk mengumumkan bahwa ia akan tetap berkuasa hingga pemilihan presiden September.

Demonstran pro-demokrasi telah marah karena keputusan Mubarak untuk bertahan, dan banyak yang meminta campurtangan militer untuk menggulingkannya atas nama rakyat. Mereka menyerukan demonstrasi Jumat ini menjadi yang terbesar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement