Senin 21 Mar 2011 14:24 WIB

Tingkat Radiasi di Rusia Timur Dikabarkan Normal

REPUBLIKA.CO.ID, VLADIVOSTOK - Tingkat radiasi di kawasan ujung timur Rusia pada Senin masih berada pada tahap normal, kata pusat Kementerian Bidang Darurat di kawasan. Pemerintah terus memantau tingkat radiasi setelah terjadinya ledakan di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima.

Pembangkit Fukushima mengalami sejumlah ledakan setelah gempa bumi berkekuatan pada 9,0 dan tsunami yang menewaskan ribuan warga pada Jumat (11/3).Beberapa upaya masih dilakukan untuk mendinginkan inti nuklir di dalam reaktor yang panasnya telah melampaui batas dengan tujuan untuk mencegah kebocoran nuklir.

Sejumlah jejak yodium radioaktif ditemukan dalam air keran di Tokyo setelah terjadinya bencana di pembangkit nuklir yang rusak.

Radiasi di atas tingkat keamanan nasional juga ditemukan di cadangan air pada lima prefektur lainnya, kata pejabat dari Kementerian Ilmu Pengetahuan Jepang yang memantau tingkat radiasi.

Pemerintah Jepang telah menunda penjualan produk makanan dari kawasan Fukushima, kata Badan Energy Keatoman Internasional (IAEA) karena dikonfirmasi adanya kontaminasi yodium radioaktif dalam produk makanan dari lahan pertanian di Fukushima.

sumber : Antara/RIA Novosti-Oana
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement