Jumat 13 Nov 2015 17:38 WIB

Universitas Sydney Buka Bank Darah untuk Anjing

Seekor anjing sedang memberikan darahnya di Rumah Sakit Hewan Sydney University.
Foto: abc
Seekor anjing sedang memberikan darahnya di Rumah Sakit Hewan Sydney University.

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Darah untuk manusia sudah biasa, namun bagaimana kalau anjing kesayangan anda memerlukan sumbangan darah? Bagian Kedokteran Hewan Universitas Sydney sekarang membuat bank darah untuk anjing.

Perlunya bank darah untuk anjing ini ditunjukkan dengan contoh baru-baru ini mengenai seekor anjing 'raksasa' jenis Mastiff, bernama Bear the Bull yang ginjalnya hampir gagal berfungsi ketika dia makan tanaman yang beracun.

Anjing seberat 50 kg tersebut, memerlukan darah segera untuk menyelamatkan jiwanya. Dokter hewan kecil di Rumah Sakit Hewan Universitas Sydney Christine Griebsch mengatakan Bear hampir saja tidak bisa diselamatkan.

"Dia memerlukan 15 tranfusi plasman dan juga dua tranfusi darah penuh." kata Griebsch.

"Jadi anjing ini memerlukan darah dalam jumlah besar, tanpa adanya stok darah yang kami punyai, kami tidak akan bisa menolongnya."

Sebelum ini Rumah Sakit Hewan Universitas Sydney tersebut mendapat pasokan darah dari Melbourne, namun baru-baru ini pemasok tersebut dihentikan. Karenanya staf di rumah sakit tersebut membuat bank darah sendiri untuk anjing.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-11-13/universitas-sydney-buka-bank-darah-untuk-anjing/1514008
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement