Kamis 08 Dec 2016 17:39 WIB

Tips Menghindari Sambaran Petir

Hujan petir
Foto: flickr
Hujan petir

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Rabu (7/12) lalu, terjadi 39 ribu sambaran petir di negara bagian Queensland. Di musim panas seperti sekarang ini, di Australia sering terjadi badai angin yang kadang disertai sambaran petir. Bagaimana cara menghindari sambaran petir tersebut?

Pakar dari program ABC Science Karl Kruszelnicki mengatakan sedikitnya ada 100 kali sambaran petir setiap detiknya yang terjadi di seluruh dunia dan mengakibatkan 100 kematian setiap tahunnya. Menurutnya, tempat teraman selama terjadinya badai listrik ini adalah berada di dalam ruangan.

Jika Anda berada di dalam ruangan

Jika anda berada didalam ruangan, Biro Prakiraan Cuaca menyarankan agar mencabut semua peralatan elektronik sebelum terjadi badai petir. Kruszelnicki mengatakan secara khusus yang paling penting adalah menjauh dari telepon selama badai petir berlangsung.

"Jika Anda memiliki telepon darat yang dihubungkan dengan kabel sambungan teleponnya, petir dapat menyambar dimana saja di sepanjang kawat telepon itu tergantung bagaimana kabel itu dibentangkan (di bawah tanah atau di atas tanah)," kata Kruszelnicki.

"Telstra (perusahan telkom utama Australia)tidak memperingatkan ada kasus ada orang yang terluka karena menggunakan telepon yang menggunakan sambungan kabel. Anda harus mematikan semua peralatan listrik Anda, bahkan mencabut dari saklarnya,” katanya.

Biro meteorologi juga menyarankan siapa saja yang berada didalam ruangan untuk menutup semua jendela dan pintu dan menjauh dari tempat-tempat yang terbuka, seperti tungku perapian. Kruszelnicki mengatakan tempat paling aman ketika terjadi badai petir adalah berada di bagian tengah gedung.

"Duduk atau merunduk di tengah ruangan dan nikmati sambaran petir ini,” katanya.

Biro Meteorologi dan Kruszelnicki juga menyarankan warga jangan mandi ketika badai petir berlangsung karena air dan besi merupakan konduktor atau penghantar listrik.

Halilintar di Darwin
Tempat paling aman selama terjadinya badai petir adalah berada di dalam bangunan, menjauh dari perapian dan tutup jendela dan pintu rumah.

 

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/wisata-nad-budaya/cara-menghindari-sambaran-petir/8102158
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement