Kamis 08 Dec 2016 17:39 WIB

Tips Menghindari Sambaran Petir

Hujan petir
Foto:

Jika anda berada di luar ruangan

Biro Meteorologi mendesak orang-orang mencari tempat berlindung di dalam kendaraan atau gedung jika dimungkinkan. Seorang pria tewas dan seorang wanita terluka saat tengah berkemah di bawah sebuah pohon yang disambar petir di New South Wales Utara Selasa pagi (6/12).

Seorang petani dari Fernleigh, sekitar 80 kilometer sebelah selatan Mt Warning, juga dilaporkan kehilangan lima ekor lembu jantan akibat sambaran petir ketika terjadi badai yang dimulai pada Senin (5/12) malam. Biro cuaca mengingatkan untuk tidak berlindung di bawah benda tinggi seperti pohon atau tiang.

Kruszelnicki mengatakan jika tidak tersedia tempat berlindung yang aman, orang harus berkerumun membentuk lingkaran dalam posisi berdiri. "Merunduklah sehingga tinggi anda menjadi kurang lebih setengah meter dan rapatkan kaki-kaki anda sehingga Anda menjadi titik kontak tunggal. Jangan berlari, jangan berbaring,” katanya.

Biro cuaca juga mendesak orang-orang dalam kelompok untuk menyebar dan berdiri dengan jarak beberapa meter satu sama lain. Air dan benda-benda yang menghantarkan listrik (stik golf, payung dan pagar logam misalnya) juga harus dihindari.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/wisata-nad-budaya/cara-menghindari-sambaran-petir/8102158
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement