Selasa 20 Feb 2018 15:40 WIB

Penembak Sekolah Florida Kembali Jalani Sidang

Nikolas Cruz tidak menunjukkan emosi selama sesi pengadilan di Fort Lauderdale.

Tersangka penembak sekolah Marjory Stoneman Douglas High School Nikolas Cruz di persidangan di Fort Lauderdale,Florida, Senin (19/2).
Foto: Mike Stocker/South Florida Sun-Sentinel via AP
Tersangka penembak sekolah Marjory Stoneman Douglas High School Nikolas Cruz di persidangan di Fort Lauderdale,Florida, Senin (19/2).

REPUBLIKA.CO.ID, FORT LAUDERDALE -- Mantan siswa yang dituduh melakukan penembakan mematikan pekan lalu di sekolah tinggi Florida kembali ke persidangan, Senin (19/2). Kasus tersebut menimbulkan penggalangan dukungan terhadap kontrol senjata yang lebih ketat.

Nikolas Cruz, dengan kepala tertunduk, tangan terbelenggu di pinggang dan mengenakan pakaian terusan merah khusus untuk tahanan, tidak menunjukkan emosi selama sesi pengadilan di Fort Lauderdale. Persidangan tersebut diakhiri dengan Hakim Pengadilan Broward Circuit Elizabeth Scherer yang menetapkan sebuah mosi pembelaan yang diajukan minggu lalu tetapi tertutup bagi publik.

Isi dari mosi, yang ditutup oleh hakim lain, tidak dijelaskan dalam persidangan. Dalam persidangan kedua, hakim pengadilan Broward Circuit Charles Greene memerintahkan pengumuman beberapa bagian dari penilaian kesehatan mental Cruz oleh Departemen Anak-anak dan Keluarga Florida pada November 2016.

Laporan tersebut telah bocor ke surat kabar Sun Sentinel, Florida Selatan. Cruz, yang tidak menghadiri persidangan kedua, menghadapi 17 tuduhan atas pembunuhan berencana setelah serangan pada Rabu di Sekolah Menengah Atas Marjory Stoneman Douglas di Parkland, dekat Benteng Lauderdale.

Kasus tersebut merupakan kejadian penembakan paling mematikan yang pernah terjadi di SMA Amerika Serikat. Tersangka, yang ibunya meninggal pada November, diselidiki oleh pihak berwenang setelah video muncul di platform media sosial Snapchat menunjukkan dirinya menyayat tubuhnya sendiri, demikian penilaian oleh Departemen Anak-anak dan Keluarga .

"Cruz memiliki sayatan baru pada kedua lengannya, Cruz menyatakan dia berencana pergi keluar dan membeli pistol. Tidak diketahui untuk apa dia membeli pistol itu," demikian laporan yang dirilis itu.

photo
Daftar Penembakan di Sekolah AS.

Dalam sebuah pernyataan, sekretaris departemen Mike Carroll mengatakan catatan tersebut menunjukkan Cruz mendapatkan layanan kesehatan mental sebelum, selama dan setelah penilaian. Cruz tinggal bersama ibunya dan bersekolah saat penilaian tersebut disimpulkan, katanya.

Biro Investigasi Federal telah mengakui hal mereka gagal bertindak atas sebuah telepon peringatan pada bulan lalu, yang memperingatkan Cruz memiliki senjata dan keinginan membunuh. Greene menyetujui permintaan tim pembela umum Cruz untuk merilis penilaian tersebut. Namun, dia mendadak merilis rincian sejarah Cruz tentang kesehatan mentalnya dan catatan kekerasan pada anak.

Para siswa yang selamat berkumpul dengan guru dan kelompok keamanan senjata untuk merencanakan kunjungan ke ibu kota negara bagian, Tallahassee pada Rabu. Mereka akan meminta anggota parlemen negara bagian memberlakukan larangan penjualan senjata di Florida.

Gedung Putih pada Senin mengatakan Presiden Donald Trump mendukung upaya memperbaiki pemeriksaan latar belakang federal untuk pembelian senjata. Trump membuat marah beberapa siswa dengan menyebut dalam sebuah cicitan pada Sabtu FBI telah melewatkan tanda-tanda si penembak itu bermasalah, karena terganggu oleh penyelidikannya terhadap campur tangan Rusia dalam pemilihan umum presiden AS 2016.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement