Senin 11 Feb 2019 22:25 WIB

Tarikan Pasukan, Gubernur California Tantang Sikap Trump

Newsom akan tarik 360 personel pasukan negara bagian dari perbatasan AS-Meksiko.

Donald Trump
Foto: EPA-EFE/JIM LO SCALZO
Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Gubernur California Gavin Newsom berniat menarik seluruh 360 personel pasukan negara bagian dari perbatasan Amerika Serikat (AS)-Meksiko. Langkah itu diduga sebagai bentuk penolakan atas sikap Presiden Donald Trump yang menganggap ada krisis keamanan nasional di wilayah itu.

Dalam pidato State of the State yang akan disampaikan pada Selasa, gubernur dari Partai Demokrat itu akan mengatakan soal pemberian misi baru bagi Garda Nasional.

misi baru itu akan membuat tentara tidak terlibat dalam "panggung politik". 

Kutipan pidato ini dilaporkan harian Los Angeles Times dan media-media lain pada Senin (10/2). Dalam laporan yang mengutip pidatonya, Newsom mengatakan bahwa dia akan mengerahkan pasukan itu untuk membantu menangani kebakaran hutan dan penyelundupan narkoba.

Gubernur New Mexico Michelle Lujan Grisham pekan lalu juga memerintahkan penarikan pasukan Garda Nasional yang dikerahkan ke perbatasan Meksiko. Dia juga menentang pernyataan krisis keamanan yang dilontarkan presiden dari Partai Republik tersebut.

Baca juga, Trump Tegaskan akan Bangun Tembok di Perbatasan Amerika.

Grisham yang merupakan kader Partai Demokrat, menyebut pernyataan Trump mengenai krisis imigrasi di perbatasan sebagai "sandiwara."

Pasukan itu dikerahkan tahun lalu oleh pendahulu Grisham yang merupakan kader Partai Republik, Susana Martinez, atas permintaan Trump.

Kerap menunjuk ancaman dari imigran ilegal, Trump menjadikan pembangunan tembok pagar di perbatasan AS-Meksiko sebagai prioritas utama kepresidenannya.

Namun, kader-kader Partai Demokrat berniat menghentikannya dan mengatakan bahwa langkah itu tidak diperlukan dan membuang-buang uang

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement