Selasa 12 Jun 2018 09:01 WIB

Trump dan Kim Tiba untuk Pertemuan Bersejarah

Trump dan Kim berencana untuk bertemu selama hampir satu jam

Rep: Winda Destiana Putri/ Red: Bilal Ramadhan
Kim Jong-un dan Presiden Donald Trump
Foto: EPA
Kim Jong-un dan Presiden Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Presiden Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tiba untuk pertemuan bersejarah mereka hari ini. Pertemuan yang bertujuan untuk membuktikan janji perdamaian yang sulit dipahami terhadap momok ancaman nuklir yang semakin besar.

Namun bahkan sebelum mereka bertemu, Trump mengumumkan rencana untuk pergi lebih awal, menimbulkan pertanyaan tentang apakah aspirasinya untuk hasil ambisius telah diturunkan. Trump tiba lebih dulu di Pulau Sentosa Singapura sebelum pertemuan jam 9 pagi.

(Baca: Berkenalan dengan Ri Sol Ju, Istri dari Kim Jong-un)

Limusin hitam lapis baja Kim menarik perhatian dalam waktu singkat di sebuah resor mewah itu. Keduanya dibuka dengan jabat tangan, gambar yang pasti akan disantap dari Washington ke Pyongyang dan seterusnya.

Trump dan Kim berencana untuk bertemu selama hampir satu jam, hanya ditemani dengan penerjemah. Kemudian para pembantu datang untuk lebih banyak diskusi dan makan siang.

Di awal kedatangannya di Singapura, Trump mengoceh di akun Twitter miliknya, "Pertemuan antara staf dan perwakilan berjalan dengan baik dan cepat. Tetapi pada akhirnya, itu tidak masalah. Kita semua akan segera tahu apakah kesepakatan nyata, tidak seperti yang terjadi di masa lalu, bisa terjadi!"

(Baca: Taufik Sebut Pertemuan Trump-Kim Buat Suasana Jadi Kondusif)

Menjelang perundingan, Trump dengan mudah memperkirakan kedua orang itu akan melakukan kesepakatan nuklir atau mengakhiri secara resmi Perang Korea dalam satu pertemuan atau beberapa hari.

Tetapi pada malam menjelang KTT, Gedung Putih secara tak terduga mengumumkan Trump akan meninggalkan Singapura pada Selasa malam, yang berarti waktunya dengan Kim akan cukup singkat. Dan Menteri Luar Negeri, Mike Pompeo, berusaha mempertahankan ekspektasi atas KTT tersebut.

"Kami berharap KTT membawa pembicaraan yang sukses di masa depan," kata Pompeo, menggambarkan tujuan yang jauh lebih sederhana daripada yang telah digariskan Trump beberapa hari sebelumnya.

Perubahan jadwal yang tiba-tiba itu menambah beberapa hari aktivitas kebijakan luar negeri yang memusingkan bagi Trump. Gedung Putih mengatakan Trump pergi lebih awal karena negosiasi telah bergerak lebih cepat dari yang diharapkan, tetapi tidak memberikan rincian tentang kemungkinan kemajuan dalam pembicaraan awal.

Pada hari sebelum pertemuan, persiapan berminggu-minggu tampaknya berlangsung cepat, dengan pertemuan pejabat AS dan Korea Utara sepanjang hari Senin di sebuah hotel Singapura.

Trump berbicara hanya sebentar di depan umum pada hari Senin, memperkirakan hasil yang baik. Kim menghabiskan hari itu sebagian besar dengan tur larut malam di tempat-tempat wisata Singapura, termasuk Flower Dome di Gardens by the Bay, yang merupakan rumah kaca kaca terbesar di dunia.

Ketika Trump dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong duduk untuk makan siang, presiden terdengar optimis, memberi tahu Lee, Kami memiliki pertemuan yang sangat menarik pada khususnya besok, dan saya pikir semuanya bisa berjalan dengan sangat baik.

"Trump sebelumnya telah men-tweet tentang kegembiraan di udara!"

Para pejabat AS dan Korea Utara berdempetan sepanjang Senin di hotel Ritz-Carlton menjelang aksi yang bertujuan untuk mengatasi kebuntuan atas senjata nuklir Pyongyang. Para delegasi menguraikan tujuan-tujuan spesifik untuk apa yang para pemimpin harus coba capai dan berbagai skenario untuk menyelesaikan masalah-masalah utama.

Para ahli percaya bahwa Korea Utara hampir mampu menargetkan seluruh daratan AS dengan nuklirnya. rudal-rudal bersenjata, dan sementara ada skeptisisme mendalam bahwa Kim akan segera menyerahkan nuklir, bahwa diplomasi dapat menggantikan permusuhan antara AS dan Utara.

Sementara para penasehat mengatakan Trump telah meninjau materi pengarahan, presiden bersikeras instingnya paling penting ketika dia masuk ke ruangan bersama Kim. Dia mengatakan kepada wartawan dia pikir dia akan segera tahu apakah kesepakatan bisa dibuat, dilansir AP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement