Ahad 09 Dec 2018 17:20 WIB

Para Kandidat Penerus Angela Merkel

Pemilihan federal akan dilakukan pada Oktober 2021.

Rep: Lintar Satria/ Red: Ani Nursalikah
Kanselir Jerman Angela Merkel (kanan) berbicara dengan Ketua Partai CDU Annegret Kramp-Karrenbauer di Hamburg, Jerman, Sabtu (8/12).
Foto: AP Photo/Markus Schreiber
Kanselir Jerman Angela Merkel (kanan) berbicara dengan Ketua Partai CDU Annegret Kramp-Karrenbauer di Hamburg, Jerman, Sabtu (8/12).

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Kanselir Jerman Angela Merkel berhenti menjadi ketua partai Christian Democrats Union (CDU) tapi tetap menjadi kanselir Jerman. Pemilihan federal akan dilakukan pada Oktober 2021. Berikut para kandidat dan beberapa faktor kunci kandidat yang berusah menjadi penerus Merkel sebagai ketua CDU.

Annegret Kramp-Karrenbauer

Baca Juga

Banyak orang menyebutnya sebagai Merkel mini atau AKK singkatan dari Kramp-Karrenbauer. Perempuan berusia 56 tahun itu menjadi kandidat penerus Merkel dan dijagokan oleh elite CDU karena kemampuannya menyatukan partai dan membawa partai meraih kemenangan. Ia mantan perdana menteri di sebuah negara bagian kecil, Saarland.

Di sana ia berhasil membangun koalisi dengan partai Green dan partai pro bisnis Free Democrats. Catatan ini menunjukan kemampuannya dalam membangun aliansi di seluruh Jerman ditengah perpolitikan yang terpecah-pecah.

Friedrich Merz

Merz kembali ke perpolitikan Jerman setelah kalah dalam perebutan kekuasaan pada 2002. Ia lalu meninggalkan Bundestag (perlemen Jerman) pada 2009. Pesan sosialnya yang konservatif dan pro bisnis menarik anggota CDU yang berisi laki-laki Katolik dari Barat.

Mereka yang melihat seorang perempuan Protestan dari Timur seperti Merkel sebagai anomali. Ia terkenal dengan proposal yang menyederhankan pengembalian pajak tahunan sampai bisa ditulis di selembar tatakan bir.

Jens Spahn

Spahn orang yang memimpin anggota CDU untuk mengkritik kebijakan Merkel 2015 untuk membuka pintu perbatasan Jerman kepada lebih dari satu juta pengungsi yang melarikan diri dari Timur Tengah. Ia sangat ambisius.

Merkel memberikannya portofolio sebagai Menteri Kesehatan setelah pemilihan federal tahun lalu. Ia semakin menarik kelompok konservatif kanan di CDU tapi ia gagal mencuri perhatian setelah Merz kembali ke panggung politik.

Cara Pemilihan Umum

  • Sebanyak 1.001 deligasi akan memilih pemimpin baru. Para deligasi kebanyakan berasal dari politikus karier yang terdiri dari pengacara, wali kota atau anggota dewan.
  • Surat suara disimpan di tempat rahasia.
  • Untuk bisa menang kandidat harus mengamankan setidaknya 50 persen suara.
  • Jika diputaran pertama tidak ada pemenangnya, maka diadakan lagi putaran kedua antara dua kandidat yang mendapatkan suara paling banyak.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement