Rabu 25 May 2016 08:15 WIB

Seorang Dokter NHS Inggris Gabung ISIS

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Nur Aini
Isaam Abuanza
Foto: BBC
Isaam Abuanza

REPUBLIKA.CO.ID, SHEFFIELD -- Seorang dokter dari layanan kesehatan Inggris atau NHS meninggalkan istri dan dua anaknya di negara itu demi bergabung dengan Negara Islam di Suriah.

Dilansir dari ITV News, Isaam Abuanza (37 tahun) meninggalkan keluarganya di Sheffield setelah menghabiskan tujuh tahun bekerja di NHS dan masuk Suriah pada 26 Juli 2014. Abuanza adalah seorang dokter Palestina berkewarganegaraan Inggris. Ia diyakini sebagai dokter NHS pertama yang bergabung dengan ISIS.

Seperti peserta lainnya dalam kelompok militan, Abuanza menyelesaikan dokumen pendaftaran yang menggambarkan dirinya sebagai seorang dokter spesialis endokrinologi atau pengobatan ketidakseimbangan hormon.

Pada halaman Facebook-nya, Abuanza mengenakan seragam dokter dan membawa pistol. Dalam gambar lain, ia menggendong senapan otomatis saat membaca Al-Quran dalam seragam tempurnya.

Adik Abuanza, Najla mengatakan kepada BBC, orang tuanya tidak akan pernah memaafkan Abuanza.

"Harapan ayah saya adalah melihatnya sebelum dia (ayah) meninggal. Dia (ayah) telah menghabiskan semua uangnya untuk dia dan pendidikannya dan ini adalah apa yang dia lakukan," ujar Najla.

Sebelum berangkat ke Suriah, Abuanza bekerja shift di catatan sipil Sheffield. Ia juga menjalankan usaha pakaian daring yang menjual kaftan. Namun tutup tiga bulan sebelum ia tiba di Suriah. Abuanza menjadi dokter di Baghdad, setahun sebelum invasi Amerika Serikat pada 2003.

Saat bekerja di NHS, ia menulis secara aktif di forum medis mengatakan, dokter kelahiran asing harus meninggalkan martabat mereka sebelum datang ke Inggris karena cara NHS memperlakukan mereka.

Keberadaannya saat ini tidak diketahui, tetapi pada Oktober 2015, ia diyakini tinggal di provinsi Deir Ezzour di Suriah timur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement