Rabu 22 Sep 2010 00:20 WIB

Helikopter Jatuh, Sembilan Tentara Sekutu Tewas di Afghanistan

Rep: Al Arabiya/ Red: Budi Raharjo
Helikopter sekutu di Afghanistan, ilustrasi
Foto: Al Arabiya
Helikopter sekutu di Afghanistan, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,KABUL--Tahun 2010 tampaknya menjadi tahun mematikan bagi pasukan sekutu yang dipimpin Amerika Serikat di Afghanistan. Tak ada hari tanpa kematian pasukan asing itu.

Selasa (21/9), sebuah helikopter sekutu jatuh dan menewaskan sembilan pasukan di Afghanistan Selatan.

Dua pasukan sekutu lainnya, seorang tentara Afghanistan, dan seorang sipil Amerika Serikat ikut terluka dalam kejadian tersebut.

Namun, International Security Assistance Force (ISAF) atau pasukan sekutu tidak mengumumkan asal negara dari anggotanya yang tewas itu. ISAF mengatakan penyebab jatuhnya helikopter tersebut sedang diselidiki. Dikatakan, tak ada tembakan dari pejuang Taliban yang menyebabkan jatuhnya helikopter itu.

Korban itu menambah banyak jumlah pasukan sekutu yang tewas di Afghanistan tahun ini. Setidaknya, 529 pasukan tewas sehingga membuat tahun ini menjadi paling mematikan selama sembilan tahun serangan ke Afghanistan. Total, sebanyak 2.097 pasukan sekutu telah tewas di sana.

Helikopter kerap terjatuh di Afghanistan. Sebelumnya pada Oktober 2009, dua helikopter mengalami kecelakaan sehingga menewaskan 11 tentara dan tiga warga sipil Amerika. Di Afghanistan kini terdapat sekitar 150 ribu pasukan sekutu dan mayoritas berasal dari Amerika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement