Senin 03 Sep 2018 17:54 WIB

Inggris dan Koalisinya Sepakat Serang Jerman

Serangan Inggris dan negara koalisinya terjadi pada saat perang dunia II.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
Ekspansi Jerman di bawah Adolf Hitler saat Perang Dunia Kedua
Foto: VOA
Ekspansi Jerman di bawah Adolf Hitler saat Perang Dunia Kedua

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Hari ini tepat 79 tahun hari di mana Inggris, Prancis, Australia, dan Selandia Baru menyatakan perang terhadap Jerman pada 3 September 1939 silam. Peristiwa itu berlangsung pada saat perang dunia II.

Keputusan itu dilakukan dua hari setelah invasi Nazi ke Polandia. Melalui saluran radio, Raja Inggris George VI mengatakan, akan perang melawan Jerman. "Dengan bantuan Tuhan, kami akan menang," ujar dia.

Pada hari yang sama, kapal selam Jerman U-boat menggagalkan serangan itu dan menenggelamkan kapal Inggris SS Athenia sekitar 250 mil di lepas pantai Irlandia. Akibatnya, 100 orang tewas dari penumpang kapal sebanyak 1.400 orang.

Esoknya, pada 4 September di tahun yang sama (1939), Inggris membalas serangan Jerman. Kapal Jerman di bom oleh Inggris. Dua pekan kemudiannya, Jerman semakin terdesak karena Prancis mulai angkat senjata.

Meskipun terus diserang, saat itu Jerman berdiri tegak dan tidak mau kalah. Segala upaya merek alkukan demu melemahkan seranga-serangan yang dilucutkan ke negaranya.

Selain itu, hari yang pada tahun 1943, pasukan sekutu melakukan invasi ke Italia selama Perang Dunia II. Pada hari itu pejabat Italia menandatangani gencetan senjata rahasia dengan sekutu.

Tepat hari ini pula, di tahun 1967, Nguyen Van Thieu terpilih sebagai presiden Vietnam Selatan di bawah konstitusi baru. Pada 1970 hari ini, pelatih sepak bola legendaris Vince Lombardi meninggal di usia 57 tahun di Washington DC.

Pada 1976 hari ini, tim antariksa Amerika mendarat di Mars pertama kali untuk mengambil foto dengan jarak dekat. Sedangkan pada 1978 hari ini, Paus Yohanes Paulus I diangkat sebagai Paus ke-244 dari Gereja Katolik Roma.

Pada tahun 1989 hari ini, pesawat jet Cubana de Aviacion jatuh setelah lepas landas di Havana. Akibatnya, 126 penumpang tewas dan 45 orang lainnya tewas di darat.

Sementara pada 1995 hari ini, merupakan sejarah bagi situs lelang online eBay didirikan di San Jose, California, oleh Pierre Omidyar dengan nama "AuctionWeb."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement