Senin 25 Jun 2018 17:45 WIB

Jokowi: Selamat Atas Terpilihnya Erdogan

Jokowi menilai Indonesia dan Turki memiliki banyak kemiripan.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Joko Widodo
Foto: EPA/Mick Tsikas
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan selamat kepada Recep Tayyip Erdogan yang telah berhasil memenangkan pemilu di Turki. Ia pun meminta Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi untuk mengatur telekomunikasi antara dirinya dan Erdogan.

"Tadi pagi saya dapat laporan dari Menlu dan saya mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Presiden Tayyip Erdogan sebagai presiden Turki. Tadi saya sudah minta Menlu untuk mengatur agar saya bisa telepon langsung ke Erdogan," ujar Jokowi setelah meninjau Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (25/6).

Jokowi menilai, Indonesia dan Turki memiliki banyak kemiripan sebagai negara besar Muslim. Ia pun berharap hubungan bilateral kedua negara makin meningkat dan lebih baik lagi, terutama di bidang ekonomi dan juga investasi. "Karena memang kedekatan Indonesia dengan Turki dalam forum-forum OKI saya kira tidak perlu diragukan lagi," katanya menambahkan.

Seperti diketahui, Erdogan berhasil meraih 50 persen suara dalam pemilu Turki yang diselenggarakan pada Ahad kemarin. Kemenangan ini membuat Erdogan menjadi presiden pertama Turki di bawah sistem konstitusi yang baru, yakni sistem presidensial.

Pemilu Turki ini merupakan yang pertama sejak Turki beralih ke sistem pemerintahan presidensial setelah referendum konstitusi April 2017. Kemenangan Erdogan dalam pemilihan presiden Turki dirayakan para pendukungnya di sejumlah negara Eropa. Para anggota the Union of International Democrats dan Fikri Asim Association, dua organisasi yang merepresentasikan Turki di Inggris, merayakan kemenangan Erdogan.

Baca juga,  Erdogan Menang, Warga Turki di Eropa ke Jalan.

Di Jerman, pendukung Justice and Development Party (AK Party) turun ke jalan-jalan di Berlin dan Kerpen, dekat Cologne, meneriakkan slogan-slogan dan membunyikan klakson mobil mereka menyambut kemenangan Erdogan. Erdogan merupakan pejawat yang diusung AK Party dalam pilpres kali ini.

photo
Warga melambai-lambaikan bendera Turki dan memegang telepon seluler ketika mereka berkumpul untuk menyambut Presiden Turki dan pemimpin Partai Keadilan dan Pembangunan (AK Party) Recep Tayyip Erdogan dari balkon markas Partai AK yang berkuasa menyusul keberhasilan pemilihannya dalam pemilihan presiden dan parlemen di Ankara, Turki, Senin (25/6).

Partai tersebut berkoalisi dengan partai sayap kanan Republican People's Party dan membentuk aliansi People's Alliance. Tidak hanya di Jerman dan Inggris, simpatisan Erdogan di Prancis pun turut merayakan kemenangannya.

Dikutip laman Anadolu, sekelompok warga Turki berkumpul di Turkish-French Institute di Paris sambil mengibar-ngibarkan bendera Turki dan AK Party. Di Makedonia, ratusan pendukung Erdogan berkumpul di Skopje.

Mereka bersukacita menyambut kemenangan Erdogan dalam pilpres Turki. Para pendukung Erdogan di Swiss pun turut merayakan kemenangannya. Mereka turun ke jalanan Zurich sambil mengibarkan bendera Turki.

Di Austria, warga Turki yang tinggal di ibu kota Wina juga bersukacita atas keberhasilan Erdogan dalam pemilihan presiden. Sama seperti di negara-negara lain, mereka juga mengibarkan bendera dan meneriakkan slogan-slogan yang mendukung Turki dan Erdogan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement