Kamis 29 Nov 2018 03:10 WIB

Pangeran MBS Tiba di Argentina di Tengah Kasus Khashoggi

Pangeran MBS tiba di Buenos Aires untuk menghadiri KTT G20.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Teguh Firmansyah
Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman
Foto: AP/Cliff Owen
Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman

REPUBLIKA.CO.ID, BUENOS AIRES -- Pangeran Arab Saudi Muhammad bin Salman tiba di Buenos Aires untuk mengikuti pertemuan G20. Ia tiba pada Rabu (28/11) di tengah kontroversi yang menerpanya seputar pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Pertemuan G20 rencananya akan dimulai pada Jumat (30/11) mendatang. Pada Senin lalu Human Rights Watch (HRW) meminta Argentina menerapkan pasal kejahatan perang buat Pangeran MBS. Pasal ini diharapkan bisa membantu investigasi segala kemungkinan keterlibatan sang pangeran dalam kasus kemanusiaan di Yaman dan pembunuhan Khashoggi.

Kepada Reuters perwakilan dari kantor kejaksaan setempat menyatakan pihaknya masih terus mendalami permintaan HRW. Hingga saat ini belum ada keputusan yang diambil guna melakukan investigasi.

Terbunuhnya Khashoggi yang merupakan kolumnis Washington Post dan kerap mengkritik putra mahkota telah menyulut ketegangan dengan Barat. Arab Saudi menyatakan sang pangeran tidak tahu menahu soal pembunuhan. Khashoggi.

Pangeran MBS mendarat di Buenos Aires dari Tunisia, tempat ia bertemu para pengunjuk rasa yang menudingnya sebagai pembunuh. Di Argentina, kedatangan sang pangeran disambut Menteri Luar Negeri Jorge Faurie.

Negara-negara barat juga mendesak Arab untuk menghentikan kampanye militer di Yaman yang digagas oleh Pangeran MBS. Tindakan tersebut dinilai makin memperburuk krisis kemanusiaan di negara tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement