Jumat 25 Mar 2011 11:30 WIB

Waduh! Singapura Temukan Radiasi di Sayuran Impor dari Jepang

Salah satu produk kacang Jepang yang terkena radiasi nuklir
Foto: Kyodo News
Salah satu produk kacang Jepang yang terkena radiasi nuklir

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPORE-—Sayuran yang terkontaminasi radioaktif akhirnya ditemukan di Singapura. The Agri-Food and Veterinary Authority Singapura mengatakan mereka menemukan level kontaminasi radioaktif dalam sejumlah produk sayuran yang diimpor dari Jepang.

Namun level radioaktif itu masih dalam jumlah kecil. Sejumlah produk yang terkontaminasi itu adalah mustard, daun bawang, dan dua sayuran lainnya. Sayuran ini diimpor dari Prefektur Tochigi, Ibaraki, Chiba, dan Ehime.

AVA menegaskan level radiasi di sayuran ini masih kecil. Sehingga kalaupun dikonsumsi dalam jangka pendek, tidak ada potensi membahayakan kesehatan warga.

AVA juga mengatakan mereka sudah memblokir impor sayuran, buah, susu, dan produk susu dari Prefektur Chiba dan Ehime. Begitu juga impor daging, makanan laut, dan sayuran dari Fukushima, Ibaraki, Tochigi, dan Gunma.

Sebelum Singapura, Taiwan juga menemukan produk sayuran yang mereka impor terkena radiasi. Produk sayuran itu, kacang Fava, malah sudah beredar di supermarket Taiwan, dan pemerintah Taiwan langsung menariknya.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement