Senin 23 May 2011 06:48 WIB

Redam Kemarahan, Netanyahu Bilang Perbedaan dengan Obama Dilebih-lebihkan

Netanyahu-Obama
Netanyahu-Obama

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON--Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak membicarakan krisis dalam hubungan Israel-AS menjelang pidato pada Minggu oleh Barack Obama untuk kelompok pro-Israel yang dapat memberikan presiden AS diterima dengan dingin. "Laporan-laporan perselisihan itu telah meniupkan jalan keluar dari proporsi," kata Netanyahu seperti dikutip Sabtu oleh seorang juru bicara, pada saat Obama siap menyampaikan pidato majelis tahunan organisasi lobi pro-Israel AIPAC di Washington.

"Memang benar kita memiliki beberapa perbedaan pendapat, tetapi itu di antara teman," kata juru bicara mengutip pernyataannya. Netanyahu tampaknya mencoba menenangkan setiap kemarahan terhadap presiden AS dan membatasi kerusakan dari perselisihan terbuka mereka pada Jumat atas garis batas teritorial untuk pembicaraan perdamaian yang akhirnya untuk satu negara Palestina yang merdeka.

Usulan Obama bahwa pembicaraan mulai berdasarkan Perbatasan Israel tahun 1967 mendapat kecaman protes di Israel. Satu kelompok sayap kanan menyerukan protes anti-Obama di Kedutaan Besar AS di Tel Aviv pada Minggu. Tapi beberapa media Israel juga menanyakan apakah Netanyahu sendiri tidak memicu krisis itu.

Berlawanan dengan pernyataan bahwa ia terkejut terhadap pidato Obama, laporan pada Minggu itu menegaskan bahwa ia diberitahu lebih dari 24 jam sebelum Obama akan mengusulkan gagasan sebuah negara Palestina berdasarkan pada perbatasan tahun 1967, dan Netanyahu menelepon Washington untuk mencoba mengupayakan presiden berubah pikiran dan mengubah tulisannya - namun tidak berhasil.

Ketika Obama pergi ke mimbar, Netanyahu, yang akan terbang ke Washington, mengeluarkan pernyataan keras menolak saran itu. Para pejabat tampak kaget dan seorang pembantunya menanyakan apakah Netanyahu telah diperingatkan sebelumnya, dan mengatakan: "tak ada komentar". "Amerika menyerang kita," kata sebuah sumber yang dekat dengan perdana Menteri seperti dikutip oleh surat kabar pro-Netanyahu Israel Hayom.

Hubungan tegang

Dalam wawancara radio pada Minggu, Duta Besar Israel untuk Washington Michael Oren menegaskan bahwa Netanyahu diberitahu sebelumnya. Ditanya oleh Radio Angkatan Bersenjata Israel, "Mengapa terjadi Krisis?", Oren mengatakan :" Kami tidak merasa bahwa ada krisis. Tapi Ada perbedaan .. "

Setelah perundingan mereka di Gedung Putih pada Jumat, Netanyahu blak-blakan menolak visi Obama tentang batas-batas suatu Negara Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza yang diduduki.

Dia mengatakan, Obama mendukung permintaan Palestina untuk kembali ke perbatasan 1967 Israel - yang berarti konsesi tanah besar - yang dianggap tidak realistis dan akan meninggalkan Israel dan itu "tidak dapat dipertahankan".

Netanyahu berpidato di hadapan AIPAC pada Senin dan di pertemuan gabungan Kongres pada Selasa, dengan para komentator politik berspekulasi apakah dia akan menggunakan platform tersebut untuk menyerang garis besar perdamaian Obama, atau mencoba untuk menenangkan hubungan tegang mereka.

Pidato Obama meletakkan gagasannya dengan jelas, namun di sisi kompromi dia yakin Israel dan Palestina harus menyelesaikan konflik yang telah lama dilihat sebagai sumber ketegangan di Timur Tengah. Tapi dia tidak ada memberikan rencana perdamaian AS secara formal. Bagi Obama, menekan Netanyahu berisiko mengasingkan pendukung kuat Israel ketika ia berusaha terpilih kembali pada 2012.

Apalagi, lawan domestik Netanyahu mendukung pidato Obama. "Seorang presiden Amerika yang mendukung visi dua-negara adalah "Jika ada konsensus di Israel, hubungan dengan AS sangat penting untuk Israel, dan perdana menteri yang merugikan hubungan dengan AS atas sesuatu yang tidak substansial adalah merugikan bagi keamanan Israel."

 

 

sumber : antara/reuters

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement