Rabu 15 Jun 2011 16:38 WIB

IMF Ucapkan Selamat Kepada Ahmadinejad

Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad.
Foto: AP
Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad.

REPUBLIKA.CO.ID,TEHERAN - Dana Moneter Internasional (IMF) mengucapkan selamat kepada Iran atas prestasinya dalam mengurangi subsidi energi dan pangan tanpa menimbulkan inflasi yang lebih tinggi pada harga bahan bakar.

Sebuah misi IMF untuk Iran menyatakan bahwa Tehran telah berhasil mengatasi dampak awal dari kenaikan harga BBM pada tingkat inflasi. AFP melaporkan (14/6) bahwa tim IMF itu juga memuji pemerintah Iran yang telah mendistribusikan kembali pendapatan yang dihasilkan dari kenaikan harga BBM itu kepada masyarakat.

Program "Subsidi Terarah" usulan Ahmadinejad itu memungkinkan pemerintah Iran untuk memangkas subsidi energi secara bertahap selama lima tahun. Keluarga yang berpendapatan rendah akan mendapat bantuan uang tunai.

Misi IMF juga menyatakan bahwa program pemerintah Ahmadinejad itu telah mengurangi kesenjangan dan meningkatkan daya beli masyarakat Iran. Tahap awal dari program ''Subsidi Terarah'' dilaksanakan pada bulan Oktober 2010 setelah pemerintah menyalurkan uang bantuan tunai kepada rekening bank setiap kepala rumah tangga.

Presiden Republik Islam Iran, Mahmoud Ahmadinejad, menyebut ''Subsidi Terarah'' itu sebagai program ekonomi terbesar dalam 50 tahun terakhir di Iran. Ahmadinejad menyatakan bahwa sistem subsidi di masa lalu menciptakan kesenjangan sosial ekonomi yang besar dan menimbulkan ketidakadilan ekonomi.

Lebih lanjut, tim IMF menekankan bahwa program Ahmadinejad itu akan meningkatkan prospek ekonomi Iran pada jangka menengah melalui rasionalisasi penggunaan energi di dalam negeri dan dapat meningkatkan pendapatan ekspor.

sumber : www.irib.ir
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement