Jumat 24 Jun 2011 23:03 WIB

Jelang Pensiun, Menhan AS Curhat

Menhan AS Robert Gates
Menhan AS Robert Gates

REPUBLIKA.CO.ID, Menteri Pertahanan AS Robert Gates mengkhawatirkan pergeseran Amerika dari kepemimpinan dunia. Dikatakannya, "kita tidak bisa menyaksikan penurunan signifikan pengaruh dan sekutu AS di dunia."

Farsnews mengutip majalah Newsweek, AS Kamis (23/6) melaporkan, Gates ketika menggambarkan cakrawala mengerikan bagi Amerika, mengatakan, Amerika dalam bahaya kehilangan supremasinya di panggung global.

"Saya telah menghabiskan seluruh masa muda bersama Amerika sebagai negara adidaya. Amerika tidak pernah merasa menyesal atau putus asa karena telah menghabiskan banyak biaya untuk mempertahankan posisi itu," ujarnya.

"Mengingat ekonomi kita kuat, Amerika tidak merasakan ketidakamanan, tapi sekarang tiba masa yang berbeda," lanjutnya.

"Realita yang aku katakan kepada kalian adalah salah satu dari banyak alasan yang menunjukkan bahwa masa pensiun telah tiba bagi saya, karena dengan jujur saya katakan bahwa saya tidak bisa membayangkan menjadi bagian dari bangsa dan pemerintah yang sedang dipaksa untuk secara dramatis mengurangi skala keterlibatannya di dunia," jelasnya.

Gates harus hengkang dari posisinya sebagai Menhan AS karena ia memasuki masa pensiunnya setelah selama 5 tahun bertugas di Pentagon. Sebagai penggantinya, Presiden Barack Obama telah menunjuk Leon Panetta yang kini menjabat sebagai kepala Badan Intelijen Pusat CIA.

sumber : IRIB/RM/AR
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement