Rabu 20 Jul 2011 09:33 WIB

Perompak Somalia Bebaskan Tanker Yunani

Salah seorang perompak Somalia.
Foto: shanghaiist.com
Salah seorang perompak Somalia.

REPUBLIKA.CO.ID, ATHENA-- Perompak membebaskan kapal tanker minyak milik Yunani yang mereka bajak Sabtu (16/7) di lepas pantai Nigeria, kata pemerintah Yunani, Selasa (18/7).

Sebanyak 20 anggota awak kapal "Aegean Star", yang berbendera Liberia, selamat dan berada dalam kondisi sangat sehat, sementara kapal tersebut dijadwalkan merapat di pelabuhan Tema, Ghana, kata Kementerian Perlindungan Warga Yunani, Rabu.

Tanker tersebut, milik perusahaan pelayaran Yunani "Endeavour Marine Agency", dibajak oleh perompak dalam jarak 55,6 kilometer dari pantai Nigeria. Kapal itu sedang mengangkut bahan bakar dari Ghana menuju Benin saat pembajakan terjadi.

Para pejabat Yunani tak memberi komentar mengenai apakah tebusan dibayarkan guna memperoleh pembebasan segera kapal tersebut dan awaknya. Perompakan telah membuat industri pelayaran internasional menderita kerugian tujuh miliar sampai 12 miliar dolar AS per tahun, demikian survei pada 2010.

Perusahaan pelayaran Yunani menempati urutan ketiga secara global dalam kerugian akibat perompakan. Lebih 10 persen dari 445 serangan yang dilaporkan pada 2010 terjadi pada kapal milik Yunani dan sejumlah tebusan telah dibayarkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement