Senin 12 Sep 2011 20:05 WIB

Reaktor Marcoule yang Meledak Pasok BBM Nuklir ke Jerman dan Jepang

Pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN)
Foto: thenewsinn.com
Pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN)

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS--Reaktor nuklir Prancis di kawasan Marcoule meledak. Satu orang tewas dan tiga lainnya luka akibat ledakan. Belum ada pernyataan soal kemungkinan bocornya radioaktif dari reaktor di selatan Prancis tersebut.

Reaktor Marcoule memproduksi bahan bakar bagi pembangkit listrik nuklir. Harian Le Monde mengklaim, dengan demikian reaktor ini risikonya lebih tidak berbahaya ketimbang reaktor normal karena tidak memiliki mesin dan tidak masuk kategori pembangkut listrik nuklir.

Situs Marcoule beroperasi sejak 1956. Reaktor ini berdekatan dengan kota Chusclan dan Codolet, di dekat Bagnols-sur-Ceze, Gard. Perusahaan yang menaungi reaktor ini adalah Melox, anak usaha perusahaan energi terkemuka Prancis, Areva.

Apa sebenarnya yang diproduksi reaktor ini? Istilah nuklir menyebutnya The Mox. Ini adalah bahan bakar yang didapat dari percampuran oksidasi uranium dan daur ulang plutonium. Hasilnya sebuah BBM untuk pembangkit listrik tenaga nuklir. Produksi The Mox dijual ke Jerman dan Jepang. Pada tahun lalu, produksi The Mox mencapai 134 ton.

Sebanyak 800 orang bekerja di reaktor ini.

sumber : Le Monde
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement