Selasa 27 Mar 2012 07:03 WIB

Iran Siap Bangun Proyek Infrastruktur di Afghanistan dan Tajikistan

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: Hazliansyah
Iran
Iran

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Iran makin gerilya dengan siap melaksanakan proyek-proyek infrastruktur di Afghanistan dan Tajikistan. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri Iran, Ali Akbar Salehi.

Salehi membuat pernyataan itu dalam pertemuan yang dihadiri oleh menteri luar negeri Afghanistan dan Tajikistan di Dushanbe modal Tajikistan Senin malam (26/3). "Iran siap untuk mengeksekusi kesepakatan, untuk menghubungkan rute kereta api dan jalan, pengalihan minyak, gas dan air serta koneksi dari jaringan listrik antara tiga Negara tersebut," katanya, IRNA melaporkan, Senin (26/3).

Pertemuan tersebut bertujuan mencari cara yang cocok untuk menyediakan sumber daya dan fasilitas yang diperlukan untuk pelaksanaan kesepakatan yang ditandatangani antara Iran, Afghanistan dan Tajikistan, yaitu presiden Mahmoud Ahmadinejad, Hamid Karzai dan Emomali Rakhmon sehari sebelumnya.

Pada hari Minggu (25/3), Ahmadinejad, Karzai dan Rakhmon mencapai kesepakatan  tentang Pembentukan menghubungkan rute dan pertukaran minyak, gas dan air antara tiga negara selama pertemuan puncak trilateral Dushanbe.

Ketiganya sepakat menggunakan aset keuangan Bank Pembangunan Islam (IDB), Bank Pembangunan Asia (ADB) dan dana lainnya untuk melaksanakan perjanjian sesegera mungkin.

sumber : IRNA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement