Selasa 29 May 2012 08:52 WIB

Tingkat Pengguran di Jepang Naik Hingga 4,6 persen

Rep: Gita Amanda/ Red: Hazliansyah
Bendera Jepang
Foto: techgenie.com
Bendera Jepang

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Tingkat pengangguran di Jepang naik menjadi 4,6 persen pada bulan April. Para ekonom Jepang berharap tingkat pengangguran tetap stabil seperti di bulan Maret yakni 4,5 persen.

Menurut laporan data statistik, pada dasarnya tingkat pengangguran pria di Jepang turun dari 4,9 persen menjadi 4,8 persen pada Maret lalu. Namun tingkat pengangguran wanita justru meningkat dari 4,1 persen menjadi 4,2 persen pada bulan tersebut.

Kementerian tenaga kerja Jepang mengatakan, dalam sebuah laporan terpisah, rasio pekerjaan yang tersedia untuk para pencari kerja meningkat. Yakni mencapai 0,79 pada bulan April, dari 0,76 pada bulan Maret. Ini berarti ada 79 posting yang ditawarkan untuk setiap 100 pemburu pekerjaan di Jepang.

Kementerian urusan dalam negeri mengatakan, anggaran belanja rumah tangga naik. Hal tersebut disesuaikan dengan inflasi Jepang sebesar 2,6 persen dari tahun sebelumnya pada bulan April.

Para ekonom memperkirakan angka tersebut lebih tinggi dari perkiraan 2,2 persen pertumbuhan rata-rata. Pertumbuhan rata-rata per rumah tangga sebesar 301,948 yen atau sekitar Rp 35,982,406.

sumber : AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement