Selasa 29 May 2012 14:49 WIB

Kali Ketiga, Pakistan Uji Coba Rudal Berkekuatan Nuklir

Uji peluru kendali Pakistan
Foto: AP
Uji peluru kendali Pakistan

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD - Pakistan, Selasa (29/5) mengatakan bahwa pihaknya telah berhasil melakukan uji tembak peluru kendali balistik jarak pendek berkemampuan nuklir. Peluru kendali tersebut, Hatf IX, memiliki jangkauan 60 kilometer (37 mil) dan dapat membawa hulu ledak konvensional, kata pihak militer.

"Ini adalah sistem tanggap cepat untuk memenuhi kebutuhan mencegah ancaman yang berkembang, khususnya pada rentang lebih pendek," imbuh militer menambahkan. Itu adalah uji tembak peluru kendali balistik ketiga yang dilakukan Pakistan.

Tes itu dipandang sebagai respon terhadap pesaing bebuyutuan yang bulan lalu meluncurkan peluru kendali jarak jauh Agni V. Rudal itu memiliki daya jangkau hingga memukul sasaran mana pun di China.

India dan Pakistan - yang terlibat tiga perang sejak kemerdekaan dari Inggris tahun 1947 - telah secara rutin melakukan uji coba peluru kendali sejak keduanya menunjukkan kemampuan senjata nuklir pada tahun 1998.

Para analis pertahanan mengatakan prioritas strategis India sedang menjauhi Pakistan dan lebih fokus kepada China, sementara Pakistan masih khawatir terhadap tetangga timurnya itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement