Sabtu 30 Jun 2012 16:36 WIB

Mursi: Saya tak Takut Siapapun Kecuali Allah

Rep: Fenny Melisa/ Red: Karta Raharja Ucu
  Presiden Mesir terpilih Muhammad Mursi melambaikan tangan pada puluhan ribu pendukungnya yang berkumpul di Tahrir Square, Kairo.   (Amr Nabil/AP)
Presiden Mesir terpilih Muhammad Mursi melambaikan tangan pada puluhan ribu pendukungnya yang berkumpul di Tahrir Square, Kairo. (Amr Nabil/AP)

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Presiden baru Mesir, Muhammad Mursi menegaskan dirinya tidak takut kepada siapa pun. Mursi menyatakan ia hanya takut kepada Allah SWT.

Pernyataan itu disampaikan Mursi dalam pidatonya usai pengambilan sumpah dalam pelantikan dirinya sebagai Presiden baru Mesir di lapangan Tahrir Square, Kairo. Di hadapan ribuan pendukungnya yang terdiri dari umat Muslim dan Kristen Mesir, Mursi melontarkan janjinya untuk memperbaiki Mesir.

Selama pidato, Mursi tidak menggunakan pelindung tubuh semacam rompi anti peluru. "Saya tidak takut siapa pun kecuali Allah SWT,” tegas Mursi seraya mengangkat jasnya untuk menunjukkan bahwa ia tidak mengenakan pelindung tubuh.

Seperti dikutip dari Al Jazeera, Mursi menyatakan,  "Saya tidak takut manusia. Saya tidak takut siapa pun kecuali Allah."

Mursi berjanji bakal memperbaiki hubungan luar negeri Mesir dengan para tetangganya di Benua Afria dan di negara-negara di Timur Tengah dalam rangka menjaga perdamaian. "Menghormati kehendak rakyat," kata Mursi, "Adalah dasar dari hubungan luar negeri kami."

Pelantikan itu dihadiri ribuan pendukung Mursi yang terdiri dari berbagai elemen. Mursi terpilih sebagai Presiden Mesir pertama yang berasal dari sipil. (baca: Muhammad Mursi Dilantik Jadi Presiden Mesir)

Dalam pengambilan sumpahnya, Mursi memuji warga Muslim dan Kristen yang mampu bersatu dan memadati tempat bersejarah tersebut. Tahrir Square adalah salah satu tempat bersejarah bagi warga Mesir saat menggulingkan Husni Mubarak dari kursi presiden pada tahun lalu.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement