Selasa 03 Jul 2012 23:56 WIB

Prancis Umumkan Penangkapan Donatur Kuat Alqaidah

Cuplikan dalam film animasi yang dirilis pendukung Alqaidah.
Foto: BBC
Cuplikan dalam film animasi yang dirilis pendukung Alqaidah.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS - Pihak berwenang Prancis dilaporkan menahan seorang pengelola situs ekstremis di Prancis yang dicurigai menjadi berperan dalam pendanaan dan rekrutmen Alqaidah. Menurut jaksa Paris, tersangka itu juga diduga mendanai grup-grup teroris dari Pakistan hingga Spanyol.

Pria tersebut--yang disebut jaksa sebagai sumbu operasional dan sumber keuangan kuat Alqaidah--tengah diinterogasi pada Selasa (3/7). Ia menghadapi beragam dakwaan, mulai merencanakan plot teroris dan mendanai bisnis teroris. Pernyataan itu disampaikan lewat keterangan resmi kejaksaan Prancis di Paris.

Si tersangka, kelahiran Tunisia 1977, tinggal di kawasan selatan Prancis, Kota Toulon. Ia ditahan pada Jumat lalu setelah diinvestasi selama setahun, demikian bunyi pernyataan resmi kejaksaan. Tidak diungkap siapa nama si tersangka tersebut.

Kejaksaan juga menyebut beberapa bukti 'terkait dan serius' yang menyebut bahwa tersangka mengirimkan materi dari komputer ke kelompok-kelompok teroris. Pernyataan itu juga menekankan 'peran sentral' si tersangka dalam penggalangan dana, terutama untuk pembelian senjata grup teroris, namun tidak diungkap detil berapa jumlah uang yang dilibatkan dalam kasus tersebut.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement