Jumat 06 Jul 2012 10:22 WIB

Popularitas Merkel Naik, Bentuk Dukungan atas Krisis Euro?

Angela Merkel
Foto: Tony Gentile/Reuters
Angela Merkel

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN - Popularitas Kanselir, Angela Merkel, di antara para pemilih Jerman berada di puncak tertinggi dalam tiga tahun terakhir. Menurut jajak pendapat dipublikasikan Kamis (5/7), posisi itu sekaligus mengonfirmasi dukungan terhadap sikapnya dalam krisis utang zona euro.

Namun survei yang dilakukan Infrates ARD, menyatakan partner koalisi Merkel, FDP, bakal gagal untuk terpilih dalam majelis rendah Bundestag, setelah pemilu tahun depan. Kondisi itu berpotensi menyulitkan harapan Merkel untuk mengamankan posisi.

Polling digelar setelah konferensi tingkat tinggi Uni Eropa. KTT itudipandang luas oleh media Jerman sebagai kemunduran bagi sikap keras Merkel dalam kebijakan zona euro.

Dalam polling, 66 persen warga Jerman menyatakan puas dengan kinerja Merkel. Ada peningkatan delapan persen dari satu bulan sebelumnya, dan angkat tertinggi sejak 2009, ketika ia menduduki kursi kanselir untuk kedua kali.

Pesaing terdekatnya, Frank-Walter Steinmeier, pemimpin oposisi utama di parlemen dari Sosial Demokrat (SPD) mendapat suara persetujuan hingga 61 persen. Rating yang ia peroleh sama dengan jumlah yang diraih oleh menteri keuangan kabinet Merkel, Wolfgang Schaeuble.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement