Senin 09 Jul 2012 19:04 WIB

Kofi Annan akan Kunjungi Iran

Mantan Sekjend PBB Kofi Anan
Foto: alarabiya
Mantan Sekjend PBB Kofi Anan

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN - Utusan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Liga Arab, Kofi Annan, pada Senin (9/7) bertolak menuju Teheran setelah menyelesaikan kunjungan di Suriah.

Hal itu seperti dilaporkan kantor berita IRNA mengutip sumber pejabat Suriah yang tidak disebutkan namanya.

"Kofi Annan, utusan PBB, akan tiba di Teheran pada hari ini...pada akhir kunjungan dua harinya di Suriah," kata pejabat itu.

"Para pejabat Iran hingga kini belum berkomentar tentang ini," tambahnya.

Annan mengatakan pertemuan yang dilakukannya dengan Presiden Suriah Bashar al Assad di Damaskus, Senin, berjalan secara konstruktif dan terbuka.

Pemerintah Bashar al Assad bergantung kepada Iran untuk bantuan kemanusiaan dan keuangan.

Menjelang kunjungannya ke Damaskus, Annan mengatakan Iran memiliki peranan kunci dalam upaya mengakhiri pertumpahan darah di Suriah.

Mantan sekretaris jenderal PBB itu mengungkapkan ia akan menyampaikan berbagai informasi kepada Teheran tentang pertemuan di Jenewa awal bulan ini --yang membahas krisis Suriah.

Iran, yang tidak hadir dalam pertemuan di Jenewa --menyusul adanya keberatan dari Amerika Serikat-- mengatakan forum yang disebut sebagai pertemuan "Sahabat Sahabat Suriah" itu "tidak sukses".

Lebih dari 17.000 orang tewas di Suriah sejak pemberontakan muncul bulan Mei tahun lalu, demikian menurut Pengamatan Suriah untuk Hak-hak Asasi Manusia.

Angka itu sulit dibuktikan dan PBB sendiri sudah berhenti membuat penghitungan jumlah korban.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement