Rabu 15 Aug 2012 23:06 WIB

Raja Abdullah Imbau Umat Islam Bersatu

Rep: Reuters/ Red: Karta Raharja Ucu
 Raja Abdullah saat memimpin rapat kabinet di Riyadh.
Foto: SPA
Raja Abdullah saat memimpin rapat kabinet di Riyadh.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdulaziz mengimbau seluruh umat Islam untuk bersatu menghadapi rintangan yang terus meningkat. Karena menurut Raja Abdullah perpecahan lebih buruk dari pada pembunuhan.

"Karena itu, perlu diadakannya dialog antarberbagai mazhab Islam," kata Raja Abdullah ketika membuka secara resmi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) luar biasa tentang solidaritas Islam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Istana Al-Safa Makkah Al-Mukaromah, 26 Ramadhan 1433 bertepatan dengan Selasa (14/8) malam waktu setempat.

KTT itu dihadiri wakil 59 negara, 56 negara anggota OKI dan tiga negara pengamat serta tiga organisasi internasional. Raja yang dijuluki sebagai Penjaga Dua Kota Suci tersebut mengusulkan didirikannya pusat dialog antarmazhab Islam di Riyadh untuk mempromosikan keharmonisan antarmazhab.

Anggota pusat dialog ditentukan dari KTT Islam dengan usulan Sekretariat Jenderal OKI, Ekmeleddin Ihsanoglu dan Dewan Menteri. Ekmeleddin Ihsanoglu dalam kesempatan itu mendesak para kepala negara agar berbuat sekuat mungkin untuk menyelesaikan masalah di dunia Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement