Rabu 12 Sep 2012 12:48 WIB

AS Wanti-wanti Jepang-Cina Soal Kisruh Kepulauan

Lokasi Pulau yang disengketakan Cina dan Jepang
Foto: Wikipedia
Lokasi Pulau yang disengketakan Cina dan Jepang

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO - Amerika Serikat menyeru China dan Jepang untuk tidak meningkatkan ketegangan menyangkut sengketa kepulauan yang diklaim kedua negara, dan memperingatkan ketegangan antara kedua negara itu akan berdampak pada global.

Jepang, Selasa, mengabaikan peringatan-peringatan China dan mengatakan pihaknya membeli pulau-pulau itu dari sorang pemilik warga swasta Jepang. China mengeluarkan peringatan terhadap Jepang dan media pemerintah mengatakan Beijing mengirim dua kapal patroli untuk memperkuat klaimnya.

"Ini adalah arena ekonomi global dan pertikaian jangan diperbesar dan semua pemimpin harus mencurahkan perhatian secara jujur," kata Asisten Menlu Amerika Serikat Kurt Campbell dalam satu debat yang diselenggarakan oleh Centre for Strategic and Intenational Studies di Washington.

"Kita memiliki banyak pilihan dalam mempertahankan perdamaian dan stabilitas. Kita yakin bahwa dialog damai dan pemeliharaan perdamaian dan stabilitas adalah sangat penting terutama dalam situasi kini."

Kendatipun Jepang adalah satu sekutu dekat AS, Washington mengatakan pihaknya tidak akan berpihak dalam sengeketa wilayah itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement