Selasa 16 Oct 2012 10:10 WIB

Arab Desak PBB Hentikan Pelanggaran Israel

Mootaz Ahmadein Khalil, Wakil Tetap Mesir untuk PBB dan Sekjen PBB Ban ki-Moon
Foto: un
Mootaz Ahmadein Khalil, Wakil Tetap Mesir untuk PBB dan Sekjen PBB Ban ki-Moon

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK - Negara Arab, Senin (15/10), menyeru Dewan Keamanan PBB agar melakukan tindakan guna mencegah pelanggaran terus-menerus Israel terhadap pendudukan Palestina.

Pernyataan tersebut dikeluarkan saat Mootaz Ahmadein Khalil, Wakil Tetap Mesir untuk PBB, berpidato dalam pembukaan pertemuan Dewan Keamanan mengenai situasi di Timur Tangah, termasuk masalah Palestina, atas nama Kelompok Negara Arab di PBB.

"Kelompok Arab mencela pelanggaran terus-menerus Israel terhadap rakyat Palestina di wilayah Palestina yang diduduki, termasuk blokade, pemboman udara dan pembunuhan tanpa proses pengadilan," kata Khalil sebagaimana dikutip Xinhua .

Dewan Keamanan diminta untuk mencegah makin memburuknya situasi yang mudah tergolak ini. "Kami mencatat dengan penuh keprihatinan bahwa pelanggaran oleh pemukim Israel telah mencapai tingkat yang tak pernah terjadi sebelumnya," katanya.

"Penodaan tempat suci Muslim dan Kristiani di wilayah pendudukan termasuk serangan belum lama ini terhadap gereja dan penyerbuan Masjid Al-Aqsha di Jerusalem bulan ini, patut mendapat perhatian khusus." imbuhnya.

"Ancaman belum lama ini untuk melancarkan operasi militer penuh terhadap Jalur Gaza adalah pengingat tambahan mengenai maksud kekuatan pendudukan," katanya.

 

sumber : Antara/Xinhua
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement